Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Brenton Harrison Tarrant Penembak Mesjid di Selandia Baru Dihadapkan ke Pengadilan

Minggu, 17 Maret 2019 – 13:00 WIB

photo: MARK MITCHELL/NEW ZEALAND HERALD/POOL VIA REUTERS)

photo: MARK MITCHELL/NEW ZEALAND HERALD/POOL VIA REUTERS)

JAKARTA, REQNews - Brenton Harrison Tarrant tersangka serangan di dua masjid di Selandia Baru dihadapkan ke pengadilan pada Sabtu (16/3/2019). Dia dituntut dengan satu tuduhan atas pembantaian 49 orang dalam penembakan massal.

Brenton Harrison Tarrant merupakan warga negara Australia berusia 28 tahun, kasusnya mulai disidangkan di Pengadilan Distrik Christchurch pada Sabtu dan ditahan tanpa kemungkinan jaminan sampai jadwal persidangan berikutnya di Pengadilan Tinggi pada 5 April 2019. 

Seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (16/3/2019), Sosoknya terlihat dipengadilan dengan tangan diborgol dan mengenakan baju tahanan putih, Tarrant sama sekali tidak berbicara di persidangan. Pengacara yang ditunjuk untuknya sama sekali tidak menyampaikan permohonan untuk jaminan atau agar nama tersangka tidak dipublikasikan.

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang pria yang mengenakan pakaian militer dan membawa senapan otomatis melepaskan tembakan ke arah para jamaah di Masjid Al Noor pada Jumat (15/3/2019). 

Tarrant telah diidentifikasi sebagai teroris ekstrem kanan dan berdasarkan aktivitas media sosialnya diduga menganut ideologi supremasi kulit putih. (nls)