Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!
Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!

Wolobobo, Surga yang Tersembunyi di Utara Kota Dingin Bajawa

Kamis, 11 Juli 2019 – 07:00 WIB

Bukit Wolobobo (Foto:Dokumen Pribadi Risno)

Bukit Wolobobo (Foto:Dokumen Pribadi Risno)

BAJAWA, REQNews - Bukit ini terletak di Desa Turekisa, Kabupaten Ngada. Dari bukit ini, Anda juga dapat menyaksikan pemandangan kota Bajawa dan Gunung Inerie. Kini wisatawan tak perlu khawatir pada akses jalan menuju destinasi ini. Sebab Bukit Wolobobo akan dijadikan sebagai tempat wisata dan akan dilakukan pembangunan jalan untuk memudahkan akses ke bukit ini.

Jika momen sunset selalu dinanti karena keindahannya, begitu pula dengan momen sunrise atau ketika matahari terbit. Sayangnya, orang-orang yang terbangun pada saat sunrise tak sebanyak saat mereka menyaksikan sunset. Sehingga jika Anda memiliki foto sunrise yang indah, sudah barang tentu ini menjadi sesuatu yang spesial. Apalagi jika sunrise yang Anda abadikan didukung dengan panorama alam yang indah.

Namun ada perbedaan lokasi yang tepat untuk 'menangkap' sunrise dan sunset. Jika biasanya sunset lebih sering dilakukan di pantai, sunrise paling ciamik jika dilihat dari bukit atau gunung. Sore itu, kami kembali melihat agenda perjalanan yang sebelumnya sudah kami atur untuk lebih produktif selama berada di Nusa Bunga, tempat sejuta harapan itu dimulai. Terget perjalanan kami kali ini, adalah tempat-tempat pariwisata yang berada di Kabupaten Ngada. Kabupaten ini, merupakan salah satu produsen kopi terbaik yang berada di daratan Flores. Jika teman-teman pernah merasakan nikmatnya kopi Arabica, maka jangan sungkan untuk pelisir ke Bajawa, ibu kota dari kabupaten Ngada.

Sore itu,cuacanya sangat dingin di kota Bajawa, Hanif teman saya merasa kewalahan sebab baju yang dipakainya berbahan tipis. Maklum, dia baru pertama kali ke tempat ini jadinya kurang persiapan.

Tak lama berselang, kami dihampiri oleh petugas hotel untuk memberitahukan bahwa transportasi dan segala seuatunya sudah disiapkan untuk kebutuhan bepergian ke Wolobobo, Waktu tempuh yang dibutuhkan adalah 20 menit dari kota Bajawa, maklum di sini kita tidak mengenal macet asal kuat saja bepergiannya. Selain warna langit yang perlahan memerah, kabut juga menjadi penghias yang manis di kala sunrise. Keindahan seperti ini bisa disaksikan di Bukit Wolobobo di Nusa Tenggara Timur.

Panorama dari atas Bukit Wolobobo terlihat begitu indah. Siluet Gunung Inerie yang tertutup kabut dan awan, serta hamparan hijau berselimut kabut di sejauh mata memandang menciptakan pemandangan yang luar biasa. Belum lagi ditambah dengan warna langit merah mudanya.Keindahan mu tak pernah bisa kulupakan. (RIS)