Putri Indonesia 2019 Terpilih, Penyayang Binatang

Sabtu, 09 Maret 2019 – 21:00 WIB

Pemenang kontes Putri Indonesia 2019, Frederika Alexis Cull, perwakilan dari DKI I (Foto Instagram)

Pemenang kontes Putri Indonesia 2019, Frederika Alexis Cull, perwakilan dari DKI I (Foto Instagram)

JAKARTA, REQnews - Frederika Alexis Cull, perwakilan dari DKI I, berhasil menjadi pemenang Pemilihan Putri Indonesia 2019, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Selatan, Jumat (8/3/2019) malam. Frederika mengalahkan finalis Jolene Maria Cholock Rotinsulu sebagai runner-up dari Sulawesi Selatan dan finalis Jesica Fitriana Martasari dari Jawa Barat.

Dengan kemenenangan tersebut, Frederika akan menjadi wakil Indonesia di ajang Miss Universe 2019, sedangkan pemenang kedua Jelone didapuk sebagai Putri Lingkungan Indonesia 2019 dan akan menjadi wakil Indonesia di ajang Miss International sedangkan pemenang ketiga, Jesica Fitriana Martasari didapuk sebagai Putri Pariwisata Indonesia dan menjadi wakil Indonesia di ajang Miss Supranational.

Pemenang lainnya adalah, Putri Indonesia Persahabatan diraih oleh Diah Ayu Lestari (DKI Jakarta 3), Kostum Nasional Terbaik, Helvanda Herman (Sumatera Selatan), Putri Indonesia Inteligensia, Maria Hostiana Napitupulu (NTT), Putri Indonesia Berbakat diraih Agatha Aurelia (DKI Jakarta 2) dan Gaun Malam Terbaik diraih Wa Ode Amelia Nadine (Sulawesi Tenggara).

Siapa Frederika? Usianya masih 19 tahun dan memiliki darah campuran Lampung dan Inggris dan sebelum tinggal di Jakarta dan mengikuti ajang Putri Indonesia, Frederika tinggal di Gold Cost, Australia. Ia kini tercatat sebagai mahasiswa bisnis internasional.

Wajahnya sumringah dan terus tersenyum usai perhelatan Putri Indonesia 2019. Kepada wartawan, ia berkomentar dalam bahasa Inggris, "Aku bersyukur bisa berada di sini bersama para wanita cantik untuk beberapa waktu, ini adalah pengalaman yang mengasyikkan dan terima kasih banyak."

Perempuan pemalu dan mengaku tidak percaya diri ini ingin belajar banyak dari Putri Indonesia 2018. "Saya bukan orang yang selalu percaya diri, tetapi sada adalah seorang yang optimistis. Takut dan kadang khawatir adalah perasaan yang membuat perjalanan ini jadi lebih bermakna. Aku akan lebih belajar lagi dari Puteri Indonesia 2018 Sonia Fergina Citra untuk merepresentasikan Indonesia di Miss Universe 2019, menjadi lebih baik dan membawa Indonesia di panggung internasional," ungkap Frederika yang memiliki tinggi badan 172.

Dari situs resmi Putri Indonesia, Frederika diketahui aktif melakukan kegiatan sosial dan pada saat bencana menimpa Lampung, Frederika mengunjungi sejumlah lokasi di daerah tersebut. "Salah satu daerah yang saya kunjungi adalah Kunjir di mana saya berusaha menghibur anak-anak melalui program trauma healing, memberikan hadiah alat-alat sekolah serta tetap semangat belajar," tulis Frederika di dalam instagramnya.

Frederika juga aktif melakukan advokasi dan selama tiga tahun belakangan, ia bergabung dengan Sekolah Bisa, sebuah NGO yang menyediakan pendidikan berbagai jenis mata pelajaran untuk menyiapkan anak-anak kurang mampu untuk masuk ke sekolah negeri. Organisasi ini memiliki fokus terhadap pendidikan, layanan kesehatan dan bakat bagi para siswanya.

Di Jakarta, Frederika juga aktif bekerja sama dengan tempat penampungan hewan. Mereka aktif menyelamatkan dan melindungi hewan peliharaan yang terlantar. Ia juga berusaha menghentikan penjualan daging sebagai bahan konsumsi di aeraa Jakarta dengan melakukan persuasi di rumah makan untuk berhenti menjual daging anjing.Selain hewan, Frederika juga sangat peduli dengan persoalan-persoalan kemanusiaan.

Perempuan berambut panjang ini juga bergabung dengan organisasi Cyber Shanty, sebuah organisasi yang bertujuan untuk mengajarkan para siswa tentang penggunaan teknologi. Para siswa tersebut tidak memiliki Akta Kelahiran yang membuat mereka tidak memiliki identitas resmi sebagai warga negara Indonesia. Untuk mengatasi ini, ia bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk mengurus akta kelahiran terkait.(*)