Kota Pekalongan Gelar Kirab Budaya Kreatif 2019, Peserta Kenakan Sarung

Minggu, 10 Maret 2019 – 17:00 WIB

(foto:istimewa)

(foto:istimewa)

JAKARTA, REQNews - Hari Jadi ke-113 Kota Pekalongan tahun 2019, akan dimeriahkan salah satunya dengan pagelaran "Kirab Budaya Kreatif" yang melibatkan seluruh elemen pemerintah daerah, lembaga non pemerintah dan masyarakat. 

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Kebudayaan, Ninik Murniasih yang mewakili Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Dinparbudpora) Kota Pekalongan saat memimpin Rapat Sosialisasi kirab Budaya HUT ke-113 Kota Pekalongan di Ruang Jatayu Setda Kota Pekalongan, Jumat (8/3/2019). 

“Kirab Budaya direncanakan akan digelar pada tanggal 1 April 2019 mendatang pukul 13.00 wib, bertepatan dengan HUT Kota Pekalongan ke-113. Titik start dimulai dari Kantor eks Bupati Pekalongan Jalan Alun-Alun No.1 Pekalongan dan finish di Kawasan Jetayu,” ungkap Ninik. 

Kali ini teman yang diangkat “Pahatkan Pesona Karya Sejahtera Mandiri Tergenggam Bersama Budaya” yang akan diikuti oleh seluruh elemen masyarakat baik dari OPD, kecamatan/kelurahan, sekolah, stakeholder, lembaga perbankan dan masyarakat. 

Bahkan akan ada beberapa tamu undangan dari Luar Negeri juga dijadwalkan akan ikut menyemarakkan HUT Kota Pekalongan ke-113. 

Selain kirab budaya, dalam HUT Kota Pekalongan ke-113 ini akan dimeriahkan dengan paagelaran lainya di antaranya Kirab Gunungan, Kirab Musik Kreatif, Kirab Kostum Batik Karnival, kesenian barongsai, rampak, reog dan lain-lain. 

Dijelaskan Ninik, dalam kirab budaya nanti semua peserta akan mengenakan sarung batik. Peserta kirab akan perform selama 2 menit menggunakan sarung dan menari dengan musik yang telah disediakan untuk mengenalkan sarung Pekalongan, dan mempopulerkan Megono yang menjadi ciri khas makanan Kota Pekalongan. (nls)