Heroik! Usia 80, Dokter Handoko Gunawan Masih Berjuang Obati Pasien Corona

Selasa, 17 Maret 2020 – 22:31 WIB

Dokter Handoko Gunawan

Dokter Handoko Gunawan

JAKARTA, REQnews - Sosok dr. Handoko Gunawan, Sp.P benar-benar membuat haru, sekaligus takjub. Di usianya yang sudah menginjak 80 tahun, ia masih berjuang menyembuhkan rakyat Indonesia dari serangan virus corona atau Covid-19.

Menjadi salah satu dokter spesialis paru yang ditugaskan untuk melawan corona di Indonesia, Handoko berjuang siang-malam mengobati pasien. Padahal, ia sudah dilarang oleh keluarganya, namun semangatnya tak padam.

Kisah heroiknya Handoko ini viral, setelah diceritakan oleh akun Facebook bernama Noviana Kusumawardhani dan Hengky, yang membagikan potret sang dokter tengah bertugas di RS Grha Kedoya, Jakarta Barat. 

Berdasarkan cerita Noviana, Handoko terus bekerja tak kenal waktu. Bahkan, sang dokter senior tersebut mengaku ia siap mati dalam tugasnya menangani corona di Tanah Air.

Di akhir unggahan kisah Handoko tersebut, Noviana mencantumkan tagar khusus sebagai penghormatan kepada sang dokter, yakni #pahlawancorona.

Berikut, profil dr. Handoko Gunawan, Sp.P, seperti dikutip dari Konsula.com:

Profil:

Dr. Handoko Gunawan merupakan seorang Dokter Spesialis Paru yang memiliki pengalaman selama 39 tahun di bidangnya. Saat ini, dr. Handoko Gunawan berpraktek di Rumah Sakit Grha Kedoya di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, dan Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk di Penjaringan, Jakarta Utara. Sebagai seorang dokter, beliau telah mengenyam pendidikan di Universitas Indonesia.

dr. Handoko Gunawan merupakan anggota dari Ikatan Dokter Indonesia, dan Perhimpunan Dokter Paru Indonesia. Adapun layanan kesehatan yang diberikan oleh dr. Handoko Gunawan adalah Check Up Kesehatan, Konsultasi Kesehatan, dan Pemeriksaan Fisik.

Nomor Registrasi

31.1.1.604.2.11.009779, Konsil Kedokteran Indonesia

Tahun Registrasi

2011

Pendidikan

- S.Ked. - Sarjana Kedokteran - Universitas Indonesia, 1963
- dr. - Kedokteran Umum - Universitas Indonesia, 1965
- Sp.P - Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi (Paru) - Universitas Indonesia, 1981

Keanggotaan Organisasi Profesional

- Ikatan Dokter Indonesia
- Perhimpunan Dokter Paru Indonesia

Layanan

- Check Up Kesehatan
- Konsultasi Kesehatan
- Pemeriksaan Fisik