Profil Ummu Syifa, Istri Ali Kalora Bos Teroris MIT Poso

Rabu, 19 Agustus 2020 – 14:02 WIB

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Detasemen Khusus 88 Antiteror atau Densus 88 berhasil menangkap seorang wanita yang diketahui bernama Ummu Syifa, belum lama ini. Ia adalah istri dari Ali Kalora, bos kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Poso, Sulawesi Tengah.

Diungkapkan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigen Awi Setiyono, Ummu Syifa adalah wanita berusia 28 tahun yang ditangkap di Jalan Trans Poso Sulawesi, pada 29 Juli 2020 lalu.

Syifa memiliki peran yang cukup strategis dalam kelompok Ali Kalora. Ia diketahui bertugas menyembunyikan semua informasi tentang keberadaan para anggota teroris MIT.

Menurut keterangan Brigjen Awi, Ummu Syifa baru saja bergabung selama 23 hari dalam gerakan kelompok teroris MIT.

"Istri Ali Kalora ditangkap pada Rabu 29 Juli 2020. Ada dua barang bukti yang disita" kata Brigjen Awi di Bareskrim Polri, Selasa 18 Agustus 2020.

Pada hari yang sama dengan penangkapan Syifa, Densus 88 juga mengamankan tersangka terorisme lainnya, yakni inisial YS di Jalan Trans Poso-Napu Desa Tangkura, Kecamatan Poso Pesisir Selatan, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Para tersangka dikenakan dengan Pasal 15 jo Pasal 7 dan Pasal 13 huruf C UU Nomor 5 Tahun 2018 tentang Perubahan UU Nomor 15 Tahun 2003 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah pengganti UU Nomor 1 Tahun 2002 tentang Pemberantasan Terorisme dengan ancaman pidana penjara paling lama seumur hidup.