Profil Rinaldi Harley Korban Mutilasi, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

Rabu, 16 September 2020 – 22:26 WIB

Profil Rinaldi Harley yang Diduga Dimutilasi, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

Profil Rinaldi Harley yang Diduga Dimutilasi, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

JAKARTA, REQnews - Manajer HRD PT Jaya Kobayashi Rinaldi Harley Wismanu Rahardja dilaporkan hilang sejak 9 September 2020 lalu. Adalah sang adik, Muhammad Arief Alfian Firdaus Rahardja yang melapor kasus ini ke Polda Metro Jaya pada pada Sabtu 12 September 2020 lalu. Laporan tersebut tertuang dalam laporan bernomor B/12.426/IX/YAN2.4/2020/SPKT PMJ.

Mengutip pelbagai sumber, Rinaldi merupakan anak pertama dari pasangan Toto Rahardja dan Lisa Rahardja. Ia merupakan peraih beasiswa dari pemerintah Jepang, yakni MEXT Monkasho/Monbukagakusho Japanese Program pada tahun 2013.

Adapun bidang penelitian yang diambil Rinaldi saat itu adalah Pop Culture. Ia menjalani tes di Auditorium Pusat Studi Jepang, Kampus Universitas Indonesia Depok.

Sebelum mendapatkan beasiswa tersebut, Rinaldi merupakan lulusan Sastra Jepang Universitas Gadjah Mada tahun 2011. Ia juga diketahui mengikuti seleksi CPNS di Kementerian Luar Negeri Formasi Tahun 2019. Yakni dari formasi umum.

Dalam sebuah web blogspot himadol-vol3.blogspot.com, Rinaldi menceritakan suka duka selama kuliah di Jepang. Mulai dari tempat favorit di Jepang hingga hal-hal yang tidak ditemukan di Indonesia.

"Tempat favorit ya, banyak banget. Tapi saya paling suka Toyama (Jouhana machi). Hokkaido (Biei), Ishikawa (Kanazawa), Kobe (Harbor Land), Tokyo (Yokohama) eh itu uda masuk kanagawa ding..XD, n’ masih banyak Lagi," kata Rinaldi dalam blog yang dikutip REQnews, Rabu 16 September 2020.

Ia pun membagikan tips untuk para pemburu beasiswa Jepang. "Tidak ada yang mudah di dunia ini, semuanya membutuhkan tenaga, waktu, dan pikiran. Pengen dapat beasiswa ya usaha dengan belajar dan doa," kata Rinaldi.

Sebelumnya, ditemukan mayat korban mutilasi di salah satu unit Tower Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan. Kasus yang kini ditangani Polda Metro Jaya diduga berkaitan dengan laporan hilangnya Rinaldi Harley Wismanu.

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Budi Sartono membenarkan perihal penemuan mayat tersebut dan saat ini kasus tersebut tengah ditangani oleh tim Polda Metro Jaya. "Yang menangani Polda rekan-rekan," kata Budi di Jakarta, Rabu 16 September 2020.

Mayat tersebut ternyata adalah Rinaldi Harley Wismanu, manajer HRD perusahaan kontraktor yang dilaporkan hilang. "Iya betul, itu Rinaldi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus.

Sebelumnya kasus pembunuhan sadis terjadi di Apartemen Kalibata City di lantai 16 Tower Ebony, kamar E 16A B pada Rabu 16 September 2020. Penemuan mayat tersebut merupakan pengembangan dari laporan orang hilang yang dilaporkan ke Polda Metro Jaya. 

Berdasarkan laporan kejadian orang hilang yang dilaporkan ke Polda Metro Jaya pada 12 September 2020 diketahui bernama Rinaldi Harley Wismanu berumur 32 tahun. Korban hilang dilaporkan oleh Muhammad Arief Alfian Firdaus (24).

Korban dilaporkan hilang sejak 9 September 2020, dengan tempat kejadian di Apartemen Taman Sari Semanggi dan kantor Pancoran. Adapun ciri-ciri korban yang dilaporkan hilang, yakni berkulit putih, hidung mancung, rambut hitam bergelombang, tinggi kurang lebih 170 cm, berbadan gemuk ideal.