Profil AKBP Buharman, Eks Kapolres Barru yang Divonis Penjara Satu Tahun

Rabu, 21 Oktober 2020 – 09:01 WIB

AKBP Buharman (Foto: Istimewa)

AKBP Buharman (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - AKBP Burhaman akhirnya harus menerima nasib menjalani hidup di penjara selama setahun. Hal ini terjadi usai vonis hakim.yang diterimanya pada Selasa 20 Oktober 2020.

Anak buah Kapolri Jenderal Idham Azis ini merupakan terdakwa dalam kasus reklamasi pantai. Ketua majelis Cahyono Riza Ardianto dalam amar putusannya juga memberikan hukuman denda satu miliar rupiah, subsider satu bulan kepada mantan Kapolres Barru tersebut.

Tim jaksa penuntut umum kasus yang melibatkan mantan Kapolres Barru ini, Arie Sabri, menyatakan, berdasarkan vonis hakim terdakwa terbukti bersalah melanggar pasal 109 UU Junto pasal 36 ayat 1 UU RI No 32 tahun 2009 tentang lingkungan hidup.

Putusan hakim lebih rendah dari tuntutan jaksa satu tahun enam bulan. Kasus ini bermula saat penyidik Ditreskrimsus Polda Sulsel telah resmi menaikkan status kasus reklamasi di pesisir Pantai Kupa, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru ke tahap penyidikan.

Status ini ditetapkan Polda usai sebelumnya Kapolres Barru, AKBP Burhaman diperiksa di Subdit IV Ditreskrimsus (Sumdaling) lantaran diduga sebagai dalang proses reklamasi sepanjang 170 meter dan lebar 40 meter itu.

Dirreskrimsus Polda Sulsel yang kala iti dijabat Kombes Pol Yudhiawan Wibisono menyebut jika proyek reklamasi pada pesisir pantai Kupa menyebabkan kerusakan lingkungan yang parah, yakni hilangnya ekosistem laut seperti tanaman mangrove, kepiting, udang dan sebagainya.

 

Profil AKBP Buharman

Sebagai informasi, Buharman sebelum menjabat Kapolres Barru, adalah Kabag Binlatops Polda Sulbar. Ia juga pernah bertugas di Reserse Komdak XIV SulSelRa pada tahun 1982, lalu bertugas di Reserse Polres Gowa di tahun 1984.

Selain itu Burhaman juga pernah bertugas di Reserse Polrestabes Makassar di tahun 1985, kemudian menjabat sebagai Kapolsek Wangi Buton pada 1987.

Selanjutnya, di tahun 1991 Burhaman ditugaskan di Capa Reg XIX dan pada tahun 1993 Burhaman kembali menjabat sebagai Kapolsek di Lombe Buton.

Kemudian pada tahun 1993 Burhaman bertugas sebagai Ajudan Kapolda SulselRa, 1997 di Brimob Pabaeng-baeng Makassar. Pada tahun 1999 Burhaman diangkat menjadi Kasat Serse dan pada tahun 2000 Burhaman menjabat sebagai Kapuskodal Ops Polres Selayar.

Di tahun 2002 Burhaman menjabat sebagai Kanit Serse Tipikor Polda SulselBar, kemudian di 2006 ia menjabat sebagai Wakapolres Polewali Mamasa (Polmas).

Di 2009 Burhaman juga pernah menjabat sebagai Kabag Binamitra Polres Barru, dan diangkat menjadi Kasub Bag Wasjaspam Binmas Polda SulselBar pada tahun 2010.

Burhaman juga pernah menjabat sebagai Kabag Bin Opsnal Binmas Polda SulselBar pada tahun 2011.

Di tahun 2012 Burhaman menjabat sebagai Kasubdit Bin Satpam Polsus Dit Binmad Polda SulselBar, Penduduk Madya DPN Batua, dan Kasubdit Banhatkum Bidkum Polda SulselBar.

Tahun 2013, Burhaman menjaba sebagai Kasubdit 3 Tipikor Dit Krimsus Polda SulselBar, 2014 sebagai Pendidik Madya DPN Batua, Kemudian di 2015 Burhaman menjabat sebagai Kabag Bin Lay Ops To Ops Polda Sulbar.

Terakhir, di 2017 ini Burhaman menjabat sebagai Kabag Bin Latops Polda Sulbar dan sebentar lagi akan menjabat sebagai Kapolres Barru Polda Sulsel.