Siapa Komjen Gatot Eddy Pramono, Jenderal Reserse yang Masuk Bursa Calon Kapolri

Minggu, 22 November 2020 – 20:02 WIB

Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono (Foto: Istimewa)

Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Komjen Pol Gatot Eddy Pramono disebut-sebut merupakan salah satu dari 14 Jenderal Polri yang akan ikut berebut kursi Kapolri sebagai pengganti Jenderal Polisi Idham Azis. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Presidium IPW Neta S Pane, menyusul akan berakhirnya masa jabatan Jenderal Polisi Idham Azis yang memasuki masa pensiun.

Diketahui bahwa Komjen Gatot Eddy merupakan lulusan Akpol tahun 1988. Saat ini ia tengah menjabat sebagai Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri) sejak menerima surat telegram rahasia bernomor ST/3330/XII/KEP./2019 tertanggal 20 Desember 2019.

Ia ditunjuk untuk menggantikan Komjen Pol Ari Dono Sukamto yang hendak memasuki masa pensiun. Diketahui, Gatot yang lahir di Solok, Sumatra Barat tersebut merupakan perwira tinggi Polri yang berpengalaman dalam bidang reserse.

Jabatan terakhir jenderal yang memiliki bintang tiga ini sebelum menjadi Wakapolri adalah sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya.

Sebelumnya, ia mengawali karir kepolisiannya sebagai Wakil Kepala Kepolisian Sektor Wlingi Resor Blitar pada tahun 1988. Selain itu, tahun 2012 Komjen Gatot Eddy juga mengemban tugas sebagai Analis Kebijakan Madya bidang Pidana Umum Badan Reserse Kriminal Polri.

Kemudian sebagai Wakapolda Sulawesi Selatan pada tahun 2016. Karirnya semakin cemerlang, hingga ia diangkat menjadi Kapolda Metro Jaya.

Sejumlah prestasi Komjen Gatot Eddy dalam menangani kasus besar antara lain, menangani kasus pencurian dengan kekerasan lintas provinsi kelompok John Tamba pada tahun 2011 dan kasus pembobolan kartu kredit pada tahun 2011.