Profil AKBP Miko Indrayana, Pedagang Asongan yang Sukses Jadi Kapolres Lamongan

Senin, 23 November 2020 – 20:02 WIB

AKBP Miko Indrayana (Foto: Istimewa)

AKBP Miko Indrayana (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Usaha takkan menipu hasil sepanjang dijalankan dengan sepenuh hati. Itulah yang dialami AKBP Miko Indrayana.

Siapa sangka, perwira menengah ini sebelumnya pernah melakoni hidup sebagai pedagang asongan di masa kecilnya. Namun berkat bekerja keras pantang menyerah, konsisten, dan disertai doa, membuatnya di posisi sebagai Kapolres Lamongan. 

Ya, Miko mengemban amanah tersebut sesuai Surat Telegram Kapolri Nomor ST/3222/KEP./2020 tertanggal 16 November 2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri. Surat penunjukkan itu diteken Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Sutrisno Yudhi Hermawan

Miko sebelumnya bertugas sebagai Kapolres Kediri Kota. Dengan mutasi jabatan kali ini, dia akan menggantikan AKBP Harun yang dipromosikan sebagai Kapolres Bogor Kota. 

Sementara posisi Kapolres Kediri Kota selanjutnya diisi AKBP Eko Prasetyo yang saat ini menjabat Koorspripim Polda Jatim.

Asal tahu saja, sebelum menjadi polisi, Miko merasakan kerasnya hidup di jalanan. Lulus SMA, pria kelahiran Semarang, Jawa Tengah ini sempat menjadi pedagang asongan.

Kala itu, dia berjualan air minum di persimpangan jalan. “Alasannya bekerja sebagai penjual minuman cukup sederhana, karena ingin bekerja tanpa membebani orang tua,” tulis laman Polres Kediro Kota, dikutip Senin 23 November 2020.

Sembari berjualan, Miko mencari informasi untuk mendaftar kepolisian. Tekad kuat itu berujung keberhasilannya diterima Akpol pada 1998 dan lulus 2001.

Banyak prestasi ditorehkan selama memimpin di Kota Kediri. Salah satunya pengungkapan kasus-kasus narkoba. Pada Agustus hingga September 2020, misalnya, melalui Operasi Tumpas Narkoba Semeru dan Sikat Narkoba Kediri, Miko meringkus 29 pengedar barang terlarang itu.