Sosok Komjen Listyo Sigit Prabowo, Calon Kapolri Pilihan Jokowi

Rabu, 13 Januari 2021 – 15:34 WIB

Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit (Foto: Hastina/REQnews)

Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit (Foto: Hastina/REQnews)

JAKARTA, REQnews - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengantarkan surat pencalonan Kapolri ke DPR RI, Rabu 13 Desember 2021. Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon tunggal Kapolri untuk menggantikan Jenderal Pol Idham Azis yang memasuki masa pensiun dalam waktu dekat ini.

Jenderal lulusan Akpol 1991 itu, saat ini tengah menjabat sebagai Kabareskrim Polri. Ia tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan penting. Salah satunya sebagai Ajudan Presiden Joko Widodo.

Pada tahun 1993, Jenderal Bintang tiga itu pernah menjabat Kepala Unit II Satuan Reserse Kriminal di Polres Metro Tangerang. Kemudian pada 1999 dirinya kembali dipercaya menjabat Kapolsek Duren Sawit, Jakarta Timur.

Dalam karirnya di kepolisian, ia terbilang piawai di bidang reserse. Kala itu, dirinya sempat membantu tim Gegana Polda Metro Jaya untuk memburu Dani, pengebom Plaza Atrium Senen, di Perumnas Klender.

Pada Oktober 2016, Listyo berhasil meraih pangkat bintang pertamanya saat menjabat sebagai Kapolda Banten.

Tak semulus yang dibayangkan, karena ia sempat ditolak oleh MUI Banten, dengan alasan beragama Kristen. Namun pada akhirnya, Listyo meminta dukungan terhadap kalangan ulama dalam rangka menciptakan kondusifitas.

Diketahui, Mensesneg Pratikno tiba di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta sekitar pukul 10.40 WIB. Ia dijemput oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR Indra Iskandar di lobi Gedung Nusantara III dan langsung menuju lantai 3 yang merupakan ruang Ketua DPR Puan Maharani.

Dalam pertemuan itu, Puan Maharani didampingi oleh Wakil Ketua DPR lainnya yakni, Azis Syamsuddin, Sufmi Dasco Ahmad, dan Rachmat Gobel.

"Surpres telah kami terima, presiden menyampaikan calon Kapolri dengan nama tunggal dengan nama Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat Kabareskrim Polri," ujar Puan Maharani membacakan surat di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu 13 Januari 2021.