Irjen (Purn) Untung Suharsono, Eks Kapolda Metro Jaya Berpengalaman dalam Bidang Reserse

Kamis, 14 Januari 2021 – 20:04 WIB

Irjen Pol (Purn) Untung Suharsono Radjab (Foto: Istimewa)

Irjen Pol (Purn) Untung Suharsono Radjab (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Institusi Polri berduka, Irjen Pol (Purn) Untung Suharsono Radjab, merupakan eks Kapolda Metro Jaya yang menjabat pada 8 Juli 2011 telah meninggal dunia, diusianya yang ke 66 tahun.

Alumni Akpol tahun 1977 itu, memiliki pengalaman dalam bidang reserse. Jenderal polisi kelahiran Medan, Sumatera Utara itu justru tumbuh besar di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Karir kepolisiannya pun banyak dihabiskan di Jawa Timur. Seperti, menjadi Komandan Provost Polwiltabes Surabaya, Wakapolres Surabaya Selatan, dan juga Kapolwil Besuki.

Tak hanya itu, Untung juga pernah menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur. Namun, ia menjadi Kapolda dengan masa jabatan terpendek yaitu hanya 3,5 bulan.

Karena, pada tanggal 30 Juni 2011 sesuai dengan Telegram Rahasia (TR) Kapolri, ia dipindahkan menjadi Kapolda Metro Jaya untuk menggantikan Sutarman yang naik sebagai Kabareskrim. Posisinya di Polda Jatim kemudian diisi oleh mantan Kapolda Bali, Irjen Pol Hadiatmoko.

Saat berpangkat Brigadir Jenderal, Untung tercatat pernah memimpin dua polda sebelum naik ke Jatim. Ia pernah menjabat sebagai Kapolda DIY tahun 2008 dan Kapolda Kalimantan Selatan tahun 2009.

Setelah itu, ia kemudian ditugaskan sebagai Widyaiswara Utama (dosen utama) di Sespim Lemdikpol, dan bintangnya pun naik menjadi bintang dua.

Saat masih menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya, pada 26 Oktober 2012 sesuai dengan TR (Telegram Rahasia) Kapolri, Untung dimutasi sebagai Pati Yanma Polri untuk persiapan masa pensiun.