Profil 7 Jenderal Ini Kawal Komjen Listyo, Nomor 5 Reserse Ulung dan Terkenal

Kamis, 21 Januari 2021 – 08:34 WIB

Komjen Listyo Sigit Prabowo (Foto: Hastina/REQnews)

Komjen Listyo Sigit Prabowo (Foto: Hastina/REQnews)

JAKARTA, REQnews - Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi III DPR RI, Rabu 20 Januari 2021.

Namun Listyo tak datang sendirian. Kali ini dirinya didampingi oleh para jenderal di jajaran Kepolisian. Para Jenderal tersebut mulai dari lulusan Akpol angkatan tahun 1987 hingga 1994.

Siapa saja mereka? Berikut rangkuman REQnews, Kamis 21 Januari 2021:

1. Kapolri Jenderal Idham Azis

Idham Azis, merupakan perwira tinggi Polri lulusan Akpol 1988, yang menjabat sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri). Sebelum menjadi Kapolri, Idham yang berpengalaman dalam bidang reserse pernah menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri. Kasus terkenal yang pernah ia tangani seperti Bom Bali II tahun 2005, operasi anti teror Bareskrim di Poso tahun 2005-2007, operasi Tinombala tahun 2016, dan sejumlah kasus lain.

2. Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono

Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, merupakan seorang perwira tinggi Polri yang sejak 20 Desember 2019 mengemban amanat sebagai Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia. Lulusan Akpol 1988 ini berpengalaman dalam bidang reserse. Kasus terkenal yang pernah ditangani jenderal bintang tiga ini terkait dengan pencurian dengan kekerasan lintas provinsi kelompok John Tamba tahun 2011.

3. Kabaharkam Komjen Agus Andrianto

Komjen Pol Agus Andrianto, adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 6 Desember 2019 menjabat sebagai Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri (Kabarhakam). Lulusan Akpol 1989 ini, berpengalaman dalam bidang reserse. Sebelum menjabat sebagai Kabarhakam, Agus pernah menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Sumatra Utara.

4. Kalemdiklat Komjen Arief Sulistyanto

Komjen Pol Arief Sulistyanto, adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 22 Januari 2019 menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri. Jenderal kelahiran Ngajuk, Jawa Timur itu merupakan lulusan Akpol 1987 yang berpengalaman dalam bidang reserse.

5. Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo

Jenderal polisi lulusan Akpol tahun 1994 tersebut, kini menjabatan sebagai Kadiv Propam Polri. Setelah sebelumnya ia dipercaya sebagai Dirtipidum Bareskrim Polri pada November 2019 lalu. Kasus menonjol yang pernah ia tangani adalah bom bunuh diri di Sarinah Building, Thamrin, Jakarta Pusat pada 2016.

6. Kapolda Aceh Irjen Wahyu Widada

Irjen Pol Wahyu Widada, adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 2 Februari 2020 mengemban amanat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Aceh. Jenderal kelahiran Yogyakarta itu, merupakan lulusan terbaik Akpol 1991 yang berpengalaman dalam bidang reserse. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Kepala Kepolisian Daerah Gorontalo.

7. Kapolda Sulut Irjen Panca Putra

Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, merupakan seorang perwira tinggi Polri yang sejak 3 Agustus 2020 mengemban amanat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Utara. Jenderal kelahiran Medan, Sumatera Utara itu lulusan Akpol 1990 yang berpengalaman dalam bidang reserse. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri.