Perjalanan Karir Nissa Sabyan, Dari Penghargaan MUI hingga Dituduh Pelakor

Sabtu, 20 Februari 2021 – 08:32 WIB

Nissa Sabyan dikabarkan menjadi orang ketiga dalam rumah tangga keyboardist Sabyan Gambus, Ayus (Foto: Istimewa)

Nissa Sabyan dikabarkan menjadi orang ketiga dalam rumah tangga keyboardist Sabyan Gambus, Ayus (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Nama Nissa Sabyan akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat. Vokalis grup musik Sabyan Gambus itu menjadi wanita ketiga dalam rumah tangga keyboardist, Ayus.

Hal tersebut diungkap oleh Fadhila Nova, adik kandung Ayus. Ia mengatakan bahwa kakaknya telah berselingkuh dengan penyanyi yang memiliki nama asli Khoirunnisa itu.

"Untuk kasus perselingkuhan mereka memang itu benar. Ada pengakuan juga dari abang saya dan Nissa, mereka saling mencintai," ujar Fadhila Nova kepada wartawan, Kamis 18 Februari 2021.

Fadhila pun mengatakan bahwa perselingkuhan tersebut sudah diketahui pihak keluarga sejak dua tahun lalu. Kini sang istri, Ririe Fairus telah menggugat cerai Ayus di Pengadilan Agama (PA) Jakarta Utara.

Lalu siapa Nissa Sabyan? Nissa mulai dikenal publik ketika sering menyanyikan ulang lagu-lagu bernuansa islami, bersama dengan grup Sabyan Gambus. Video klipnya telah ditonton jutaan kali dan sering menjadi trending di Youtube.

Saat itu, pada tahun 2018 ketika ia menyanyikan lagu Deen Assalam, merupakan awal karir Nissa berkembang pesat.

Namun, nyatanya Deen Assalam bukanlah lagu asli dari Sabyan Gambus. Lagu tersebut pertama kali dipopulerkan oleh penyanyi asal Sharhaj, Uni Emirat Arab, Sulaiman Al Mughani. Kemudian dinyanyikan ulang oleh Sabyan Gambus dan menjadi viral.

Pada tahun 2020 grup musik Sabyan Gambus pernah tuai kritik dari warganet. Hal itu bermula saat Sabyan tampil di salah satu acara Ramadan di stasiun televisi. Beberapa warganet kemudian mempermasalahkan terkait lagu yang dibawakan Nissa.

Itu saat Nissa membawakan lagu berjudul Ya Tabtab. Menurut warganet, lagu berbahasa Arab tersebut, tidak bernafaskan Islami atau mengandung unsur religi.

Hal itu juga menjadi sorotan seorang Denny Siregar, yang menuliskan pendapatnya di akun Twitternya.

"Geli banget gua sore ini.. Habis nonton youtube Nisa Sabyan yg nyanyi lagu berbahasa arab Ya Tabtab, diacara Syair Ramadhan di tivi. Padahal lagu itu sama sekali gada religinya, syairnya ttg cewe ngambek ma pacarnya. Apapun yg berbau arab msh disangka Islam," tulis akun twitter @Dennysiregar7.

Tak tinggal diam, warganet lainnya pun turut berkomentar. Yaitu lagu tersebut bercerita tentang seorang wanita yang tengah marah dengan kekasihnya. Selain itu, lagu tersebut juga dibawakan oleh penyanyi bernama Nancy Ajram dan bukan beragama Islam.

"Mungkin si Nisya Sabyan tidak ngerti apa arti isi lagu yang dinyanyikan karena lagunya dalam bahasa Arab Libanon. Banyak orang Indonesia yang senang mendengar dan menyayikan lagu lagunya Nancy Ajram artis dari Lebanon (Kristen) tapi mereka tidak mengerti arti isi lagunya. Miris," tulis akun @Thetrue4all.

Yang mengejutkan, penyanyi kelahiran Lumajang 21 tahun lalu itu, rela menghabiskan uang senilai Rp 105 juta untuk membeli mikrofon. Hal tersebut diakuinya ketika penyanyi Armand Maulana bertanya.

"Terus tiba-tiba pas kemaren latihan, nis gimana? ‘Oh udah udah (beli).' Apa? Merk apa? ‘Merk ini’ Berapa? ‘Rp 105 juta.’ Buset, hah? Mahal amat,” kata Armand terkejut.

Meski dikenal sebagai perempuan yang kalem, nyatanya Nissa merupakan lulusan SMK jurusan Ototronik atau otomotif dan elektronik. Menurutnya, ia ingin mencoba hal yang berbeda dari jurusan tersebut.

Dalam karirnya di dunia musik, Nissa pernah mendapat penghargaan penyanyi muda inspiratif di acara puncak Anugerah Syiar Ramadhan, yang diberikan oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) tahun 2018.