Iptu Andika, Kapolsek Termuda yang Sosoknya Bisa Buat Wanita Klepek-klepek

Selasa, 23 Februari 2021 – 08:03 WIB

Iptu Rahmat Andika Prasetyo, Kapolsek Tenggarong (Foto: Tangkapan Layar)

Iptu Rahmat Andika Prasetyo, Kapolsek Tenggarong (Foto: Tangkapan Layar)

TENGGARONG, REQnews - Iptu Rahmat Andika Prasetyo, sosok Kapolsek termuda di wilayah Kalimantan Timur. Di usianya yang baru menginjak 28 tahun, Andika sudah mendapat jabatan yang cukup penting.

"Nama saya Rachmat Andika Prasetyo pangkat Iptu. Saya di sini berdinas sebagai Kapolsek Tenggarong. Saya lahir di Denpasar tanggal 11 Juli 1992. Saya sekarang 28 tahun, saya keturunan Jawa," ujar Iptu Andika melansir dari akun YouTube nomorsatu kaltim, Senin 22 Februari 2021.

Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2015 itu, memiliki cita-cita menjadi seorang anggota Polri sejak ia masih kecil. Andika pun berusaha dengan kerja keras untuk meraih impian itu.

Di usianya yang belum mencapai 30 tahun, Andika sudah diberi kepercayaan mengemban jabatan sebagai Kapolsek. Bahkan sebelumnya, dirinya juga dipercaya di sejumlah jabatan lain.

Andika mengatakan, bahwa setelah lulus dari Akpol ia ditempatkan di Polda Banten. Kemudian selama dua tahun ia berdinas di Polres Pandeglang

"Saya pindah ke Polres Cilegon, kurang lebih di Polres Cilegon 7 bulan, dan syukur Alhamdulillah saya lanjut sekolah ke PTIK (Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian)," kata dia.

Setelah lulus PTIK, Kapolsek asli Jawa itu kemudian ditempatkan di Polda Kaltim. "Di Polda Kaltim saya berdinas selama satu bulan setengah," sambungnya.

Kariernya pun semakin berkembang, hingga ia dipercaya sebagai Kanit Tipikor selama 6 bulan di Polres Kukar. "Ditempatkan lagi sebagai Kanit Pidum itu selama 4 bulan. Selanjutnya saya dipercaya untuk mengemban sebagai Kapolsek Tenggarong," katanya.

Menjadi seorang polisi adalah cita-citanya sejak masih di bangku Taman Kanak-kanak (TK). 'Jadi Polri itu sudah cita-cita saya sejak TK. Jadi pada saat itu misalkan saya ditanyakan oleh orang-orang 'Apa cita-citanya dek?' pasti saya menjawab 'Polri' atau jadi polisi," kata Andika.

Perihal pasangan, Andika mengaku masih single. Namun, ia memiliki rencana akan mempersunting sang pujaan hati bulan pada Februari ini. "Saya belum nikah, masih single. Tapi Insya Allah saya menikah di Bulan Februari tahun 2021," ungkapnya.