Profil Kombes Sumardji, Polisi Berprestasi yang Pernah Dijuluki 'Kapolres Covid Sidoarjo'

Kamis, 22 Juli 2021 – 12:05 WIB

Dirlantas Polda Bengkulu, Kombes Sumardji (Foto: Istimewa)

Dirlantas Polda Bengkulu, Kombes Sumardji (Foto: Istimewa)

BENGKULU, REQnews - Kombes Sumardji, merupakan perwira menengah Polri yang menjabat sebagai Dirlantas Polda Bengkulu. Mantan Kapolresta Sidoarjo itu dimutasi berdasarkan Surat Telegram Kapolri bernomor ST/1129/VI/KEP/2021 tertanggal 1 Juni 2021.

Sebelumnya, Sumardji menjabat sebagai Kapolresta Sidoarjo sejak Februari 2020, tepatnya dua hari sebelum Covid-19 melanda Indonesia. Selama ia menjabat, sejumlah prestasi juga pernah ditorehkannya.

Bahkan, pria kelahiran Nganjuk 12 Februari 1972 itu pernah mengeluarkan beberapa terobosan dalam penanganan Covid-19 yang kerap menjadi percontohan bagi beberapa daerah lain. 

Karena itu, Sumardji juga kerap dijuluki sebagai 'Kapolres Covid Sidoarjo'. Selain Itu, julukan tersebut juga disematkan karena konsentrasinya yang begitu tinggi dalam menangani Covid-19. 

Atas kerja kerasnya ini, Sumardji bahkan mendapat Penghargaan Nasional “Indonesia Awards 2020” dari salah satu media untuk kategori Penegakan Hukum di Masa Pandemi pada bulan Oktober 2020 lalu. 

Sumardji yang dikenal Supel dan Sederhana ini mampu menggandeng jajaran Forkopimda Sidoarjo dan merangkul seluruh elemen masyarakat, termasuk seluruh awak media, baik media lokal maupun nasional.

Lewat sifat dan sikap kebapakan, ia mampu membawa seluruh perwira dan anggota Polresta Sidoarjo dengan ikhlas dan tanggung jawab penuh untuk mengemban tugas sebagai pengayom dan pelindung masyarakat.

Sebelum menjabat Kapolresta Sidoarjo, alumnus sekolah staf dan pimpinan (Sespim) Polri angkatan 55 itu juga pernah diamanatkan sebagai Wadir Polairud Polda Metro Jaya. Ia pun pernah menduduki jabatan sebagai Kasubdit Regident Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Pada tahun 2016, Sumardji ditunjuk sebagai manager Bhayangkara FC. Berkat asuhan pria berusia 49 tahun itu, Bhayangkara FC berhasil menjadi juara 1 pada liga 1 Indonesia 2017. 

Saat itu, Sumardji yang masih berpangkat AKBP dipercaya sebagai manager tim nasional U-22 dan berhasil meraih juara AFF pada 2019 usai mengalahkan Thailand 2-1 di Vietnam.

Ia juga memiliki andil sangat penting dalam menentukan capaian tim nasional sebagai runner pada pesta olah raga Sea Games di Filipina 2019. 

Saat masih menjabat sebagai Kapolresta Sidoarjo, Kombes Sumardji terpilih sebagai pembina olahraga berprestasi 2019 oleh Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI) Jawa Timur.

Ia pun ditetapkan sebagai pembina olahraga berprestasi atas catatan membanggakan dan dedikasinya sebagai manajer tim Bhayangkara FC dan Timnas Indonesia.