Profil Laode Abdul Muis, Putra Buton Berprestasi Peraih Adhi Makayasa

Kamis, 22 Juli 2021 – 12:45 WIB

Laode Abdul Muis, peraih Adhi Makayasa (Foto: Istimewa)

Laode Abdul Muis, peraih Adhi Makayasa (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Laode Abdul Muis meraih prestasi membanggakan dengan menerima Adhi Makayasa sebagai lulusan terbaik Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 2021.

Pemuda kelahiran Lasora, Buton pada 13 Maret 1999 itu, merupakan taruna yang menempuh pendidikan di Prodi Elektronika Pertahanan AAU. Laode juga mendapatkan trofi Adhi Sakti Teknik Elektronika dari Gubernur AAU Marsda TNI Nanang Santoso.

Nanang pun mengungkapkan latarbelakang keluarga Laode yang dulunya merupakan seorang anak nelayan. “Laode ini putra Sulawesi Tenggara, dari Buton, dia anak nelayan dan bapaknya sudah meninggal,” ujar Nanang.

Berdasarkan penuturan Laode kepada Gubernur AAU Marsda TNI Nanang Santoso menyebut orang tuanya tinggal di daerah pesisir. Semasa hidup, bapaknya memenuhi kebutuhan keluarganya dengan bekerja sebagai nelayan.

Penerbang F-5E/F Tiger II itu bercerita bahwa Laode merupakan anak dari pasangan Drs. Samadin bekerja sebagai nelayan dan ibunya Wa Ode Hasrida.

Kehidupannya yang dekat dengan laut, menjadikan debur ombak sebagai bagian dari hidupnya sejak balita. “Bagaimana tidak. Keluar selangkah dari pintu rumahnya, Laode sudah melihat laut. Setiap hari yang dimakannya juga ikan laut,” kata Nanang. 

Menurutnya, setiap hari yang dimakan Laode hanya ikan asap. Semua ikan diasap karena tidak ada minyak, hanya ada kayu bakar.

Sejak ayahnya meninggal, Laode dan ketiga saudaranya yaitu Ivon Irianthy Samadin, Thytien Yuliana Samadin, dan Ecko Ardian Samadin dibesarkan oleh sang ibu.

Berlatar tekanan hidup dan kondisi keluarganya yang jauh dari kata cukup, Laode pun menjadi pribadi yang kuat. Semangatnya untuk belajar dan meraih prestasi, adalah motivasi tertingginya. 

Sermatutar Laode Abdul Muis Samadin menghabiskan masa kecil dan remajanya di Buton. Ia tercatat sebagai alumni SDN 15 Kulisusu (2011), SMPN 1 Kulisusu (2014), dan SMAN 1 Kulisusu (2017).

Sebagai taruna AAU, ia pernah menjabat sebagai anggota Lemustar Tingkat II, anggota Lemustar Tingkat III, dan Komandan Wingkorps Taruna 2020-2021.

Segudang prestasi juga diraihnya dari sejumlah perlombaan di AAU. Dan semua memberikannya medali perak dan emas. Terakhir kali, Laode menjadi juara 1 dalam Military Penthatlon PIKTAR 2019.