Profil Irjen Agung Wicaksono, Intel Kawakan yang Cecar Irjen Eko Indra Heri Kasus Donasi Akidi Tio

Jumat, 06 Agustus 2021 – 10:50 WIB

Wakil Inspektur Pengawasan Umum Polri (Wairwasum), Irjen Pol Agung Wicaksono dan Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Eko Indra Heri (Foto: Istimewa)

Wakil Inspektur Pengawasan Umum Polri (Wairwasum), Irjen Pol Agung Wicaksono dan Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Eko Indra Heri (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Mabes Polri mengerahkan tim untuk memeriksa Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol Eko Indra Heri. Itu terkait dengan kasus sumbangan dari keluarga Akidi Tio sebesar Rp 2 triliun.

Penyerahan sumbangan tersebut sebelumnya dilakukan secara simbolis di Mapolda Sumsel pada Senin 26 Juli 2021, namun tak dapat terealisasikan.

Pemeriksaan oleh tim pengawasan dan pemeriksaan khusus (Wasriksus) Mabes Polri dipimpin oleh Wakil Inspektur Pengawasan Umum Polri (Wairwasum), Irjen Pol Agung Wicaksono yang berlangsung di Mapolda Sumsel, Kamis 5 Agustus 2021.

Irjen Agung Wicaksono merupakan seorang perwira tinggi Polri yang sejak 3 Agustus 2020 menjabat Wakil Inspektur Pengawasan Umum Polri.

Polisi kelahiran Kediri, Jawa Timur, 25 Desember 1964 itu merupakan lulusan Akpol tahun 1987 yang berpengalaman dalam bidang intel. 

Setelah lulus dari Akademi Kepolisian, ia diangkat sebagai Pama Polresta Yogyakarta Polda DIY tahun 1987. Setahun kemudian pada 1988, ia diberikan kepercayaan sebagai Kanitident Polresta Yogyakarta Polda DIY.

Pada awal karirnya di dunia kepolisian, ia pernah menjabat sebagai Kaur Pamsan Polresta Yogyakarta Polda DIY tahun 1989, Wakasatintelkam Polresta Surakarta Polda Jateng tahun 1990.

Kemudian sebagai Kasubbag Pammat Baket Dit IPP Polda Jateng pada 1991, Pama PTIK STIK Lemdiklat Polri 1994. Dua tahun kemudian ia menjadi Kabagops Polres 50 Kota Polda Sumbar tahun 1996, Paban Muda Kirtil Paban V Prodok Sintel pada 1997.

Karirnya pun semakin cemerlang, bahkan sejumlah jabatan strategis pernah diemban oleh Agung Wicaksono, seperti Kapolres Rembang pada 2004 dan Kapolres Demak, Jawa Tengah pada 2006.

Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Dirintelkam Polda Gorontalo. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Karobinops Sops Polri pada 2019.