Laksda Nazali Lempo, Danpuspom TNI yang Ahli Soal Hukum

Rabu, 15 September 2021 – 04:03 WIB

Danpuspom TNI, Laksda Nazali Lempo

Danpuspom TNI, Laksda Nazali Lempo

JAKARTA, REQnews - Nama Nazali Lempo sudah tidak asing di telinga warga Kerinci, Jambi. Dia mulai meniti karier di TNI dari menjadi perwira di Angkatan Laut (AL) sejak 1990. Nazali lahir di Dusun Baru, Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kerinci, Jambi.

Berkarir di TNI AL, Laksda Nazali Lempo mengawali jabatan penting dari Danpomal Lantamal VI/Makassar dilanjutkan menjadi Danpomal Lantamal III/Jakarta. Usai itu Nazali dipercaya menjabat Komandan POM Koarmabar pada 2015 – 2016, dan kemudian dimutasi menjadi Wadanlantamal II/Padang pada 2016 – 2017.

Jenderal bintang dua ini merupakan alumnus Akademi Angkatan Laut (AAL) leting ke-36 pada tahun 1990. Sebelum dipercaya menjabat Danpuspom TNI, Nazali menjabat Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Danpuspomal).

Kemudian, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menunjuknya Danpuspom TNI menggantikan Mayjen TNI Eddy Rate Muis yang dimutasi menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun).

Penunjukan Nazali tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/645/VII/2021 tanggal 19 Juli 2021 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Mutasi mencakup 136 Pati terdiri atas 52 Pati TNI AD, 57 Pati TNI AL dan 27 Pati TNI AU.

Mengutip laman situs resmi TNI, Nazali merupakan sosok ahli hukum. Dia menyelesaikan pendidikan doctoral (S3) hukum di Universitas Hasanuddin.