Sosok Laksamana Muda Suprianto Irawan dan Cita-citanya Mewujudkan Bakamla yang Hebat

Kamis, 16 September 2021 – 02:02 WIB

Laksamana Muda Suprianto Irawan yang kini menjabat sebagai Sekretaris Utama (Sestama) Badan Keamanan Laut (Bakamla)

Laksamana Muda Suprianto Irawan yang kini menjabat sebagai Sekretaris Utama (Sestama) Badan Keamanan Laut (Bakamla)

JAKARTA, REQnews - Laksamana Muda Suprianto Irawan resmi menjabat sebagai Sekretaris Utama (Sestama) Badan Keamanan Laut (Bakamla) setelah dilantik dan disumpah oleh Kepala Bakamla Laksama Madya A Taufiq R.Pelantikan sekaligus serahterima jabatan di Markas Besar Bakamla, Jalan Proklamasi Nomor 56, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu 3 Juli 2019.

Perwira tinggi berbintang dua yang telah dilantik itu sebelumnya menjabat Asisten Pengamanan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Aspam KSAL). Saat memberikan arahan pada jajarannya, Laksda Irawan menegaskan, untuk mewujudkan Bakamla yang kuat dan hebat perlu adanya pembinaan personel.

Artinya, personel Bakamla merupakan komponen cadangan terutama bagi TNI Angkatan Laut. Ia pun meminta kepada seluruh personel Bakamla ikhlas dalam mengabdi kepada negara. Serta menjalankan kewajiban dengan profesionalisme, dedikasi yang tinggi dan loyalitas.

Ditegaskannya, seluruh personel Bakamla harus memiliki mental, sikap, disiplin yang tinggi untuk terus belajar serta meningkatkan pengetahuan tentang kemaritiman dan juga memahami permasalahan di laut. Seluruh personel juga diminta untuk saling bekerjasama, jangan membeda-bedakan dan tidak boleh kalah dengan perasaan maupun kepentingan pribadi.

"Menjalankan tugas pokok dengan baik dan menjaga kewibawaan seragam. Terakhir saya berpesan kepada seluruh personel Bakamla untuk jangan pernah berhenti mencintai negara ini dengan mewujudkan Bakamla yang hebat," katanya.

Dikutip dari wikipedia, Laksamana Muda TNI Suprianto Irawan lahir di Fak-Fak, Papua Barat. Dirinya adalah seorang perwira tinggi TNI-AL yang sejak 3 Juli 2019 mengemban amanat sebagai Sekretaris Utama Badan Keamanan Laut. S Irawan, merupakan alumnus Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke- XXXIII/tahun 1988.

Dirinya pernah menjabat sebagai Komandan Detasemen-1 Sabotase/Anti Sabotase Satkopaska Armabar. Kemudian di tahun 2000, S Irawan menjabat sebagai Komandan Satrol Lantamal I/Medan, dan sebagai Komandan KRI Layang-805. Di tahun 2004—2005, tergabung dalam Pasiops Satuan Kopaska Koarmatim.

Lalu sebagai Komandan Satuan Kopaska Koarmabar di tahun 2005—2008. Karier S Irawan terus menanjak. Dirinya kemudian menjabat sebagai Komandan Lanal Banten di tahun 2008. Kemudian sebagai Asintel Danguspurlatim di tahun 2010—2011 dan menjadi Asintel Pangkolinlamil tahun 2011—2013.

Lalu sebagai Asintel Pangarmabar tahun 2013—2016, Komandan Lantamal IV/Tanjungpinang tahun 2016—2017, Kadispamal tahun 2017—2017, serta menjabat Aspam Kasal 2017—2019, dan menjabat sebagai Sestama Bakamla sejak tahun 2019 hingga saat ini.