Deretan Prajurit Kopassus Fenomenal, dari Prabowo Subianto hingga Sarwo Edhie Prabowo

Rabu, 13 Oktober 2021 – 13:30 WIB

Sarwo Edhie Wibowo (Foto: Istimewa)

Sarwo Edhie Wibowo (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews -  Siapa yang tidak mengenal prajurit Komando Pasukan Khusus atau (Kopassus). Pasukan elite di bawah naungan TNI Angkatan Darat ini sudah menorehkan berbagai prestasi. Pasukan baret merah ini juga memiliki banyak prajurit fenomenal dari Prabowo Subianto hingga Sarwo Edhie Prabowo.

Berikut ini deretan prajurit kopassus Fenomenal yang dilansir beragam sumber:

1. Prabowo Subianto

Siapa yang tidak mengenal sosok satu ini. Prabowo Subianto merupakan salah satu prajurit Kopassus yang sempat mendapat kepercayaan menjadi Letnan Jendral di masa pemerintahan Presiden Soeharto.

Sebagai seorang prajurit elite yang menguasai tiga matra, Menteri Pertahanan (Menhan) Indonesia ini diajarkan menghadapi beragam tantangan. Meskipun saat ini sudah berkecimpung di dunia politik, Ketua Umum Partai Gerindra ini tidak lupa dengan akarnya sebagai seorang tentara. Dirinya bahkan masih mengingat betul masa-masa dirinya ketika masih menjadi perwira Kopassus.

“Kita di tentara dulu bisa tidur sambil jalan, bener. Jadi kadang-kadang itu yang terjadi, lucu-lucu kan. Kita kan jalan malem, gelap, tertidur karena kita kira asal kita ikut orang di depan saya, saya kan nyampe. Tidur itu. Tau-tau temen kita belok kiri, kita gak tau ya, kita jalan terus. Bangun, uh kita istilahnya apa itu, putus. Jadi barisan putus,” ucap Prabowo dalam podcast Deddy Corbuzier.

2. Serda Ucok

Sersan Dua Ucok Tigor Simbolon atau biasa disapa Serda Ucok merupakan salah satu pasukan Kopassus yang sempat divonis dipenjara akibat mengeksekusi empat tahanan dengan senjata AK-47 di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Cebongan, Sleman, Yogyakarta.

Pada Mei 2021 lalu, Serda Ucok resmi dibebaskan dari tahanan. Sejak sebelum memasuki sel tahanan, dirinya sudah menjanjikan untuk tinggal di Yogyakarta untuk membasmi preman-preman di daerah sana.

“Apabila selesai menjalani hukuman, saya akan tinggal di Yogyakarta, bersama-sama memberantas preman," kata Serda Ucok usai menerima putusan di Dilmil II-11 Yogyakarta, Kamis 5 September 2013 silam.

 

3.Sarwo Edhie Prabowo

Letnan Jenderal Sarwo Edhie Prabowo merupakan salah satu tokoh militer paling berpengaruh di Indonesia. Ia adalah prajurit Kopassus yang memiliki andil besar dalam menangani masalah-masalah di Indonesia.

Sebut saja penumpasan PKI pasca kejadian G30S PKI, dimana dirinya memimpin perebutan RRI serta melakukan perburuan anggota PKI lainnya. Tidak hanya itu, Sarwo Edhie Prabowo juga merupakan tokoh yang terjun langsung dalam menangani pemberontakan KKB Papua tahun 1964-1967.

Sarwo Edhie Prabowo juga membuat buku berjudul "Pramono Edhie Wibowo dan Cetak Biru Indonesia ke Depan", yang memaparkan kegiatan-kegiatan Kopassus. Mulai dari latihannya yang keras, hingga operasi kemiliteran Kopassus yang pernah dia jalankan.

4. Idjon Djanbi

Pria kelahiran Belanda ini merupakan komandan pertama Kopassus. Letkol Mochammad Idjon Djanbi merupakan orang yang berjasa dalam berdirinya Kopassus sebagai sebuah pasukan elite. 

Rokus Bernardus Visser, namanya sebelum berpindah agama, dulunya merupakan seorang tentara Belanda yang ikut terjun ke dalam berbagai operasi. Tahun 1949, dirinya pindah ke Indonesia dan memutuskan untuk berpindah agama menjadi Mochammad Idjon Djanbi, serta beralih profesi menjadi petani di Lembang, Bandung, bersama istrinya.

Tahun 1951, Letda Sugianto, yang saat itu merupakan ajudan Kolonel Alexander Evert Kawilarang, Panglima Komando Tentara Teritorioum III/Siliwangi, membutuhkan jasa Idjon Djanbi di TNI, dan meminta dirinya sebagai pemimpin sebuah pasukan elite baru.

Idjon Djanbi menerima tawaran Letda Sugiarto dan resmi memimpin prajurit Kesatuan Komando Tentara Teritorium (Kesko TT-III) Siliwangi di Batujajar, Jawa Barat. Unit inilah yang kemudian menjadi cikal-bakal Kopassus TNI-AD.

5. Benny Moerdani

Jenderal Leonardus Benyamin Moerdani,biasa disapa LB Moerdani, merupakan salah satu tokoh yang berjasa dalam pembebasan Irian Barat dari cengkraman Belanda dalam Operasi Trikora. Saat itu, Benny Moerdani memimpin pasukan RPKAD berdampingan dengan pasukan Batalyon Riders 530/Brawijaya.

LB Moerdani juga dikenal sebagai perwira TNI yang banyak berkecimpung di dunia intelijen, sehingga sosoknya banyak dianggap misterius.

Ia merupakan salah satu petinggi Kopassus yang sudah kenyang pengalaman menjalankan tugas kemiliteran.