Profil Leon Alvida Putra, Ketua BEM UI yang Minta Jaksa Agung Dicopot Jabatannya

Kamis, 21 Oktober 2021 – 12:20 WIB

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI), Leon Alvinda Putra (Foto: Instagram Leon)

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI), Leon Alvinda Putra (Foto: Instagram Leon)

JAKARTA, REQnews - Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) Leon Alvida Putra meminta agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencopot menteri-menteri dan pejabat tinggi negara yang memiliki nilai buruk dari D hingga E. Hal itu ia sampaikan dalam catatan rapor merah dua tahun kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Sederet nama pejabat kementerian hingga penegak hukum pun masuk dalam daftar, seperti Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan hingga Jaksa Agung ST Burhanuddin yang dianggap pantas untuk ditendang dari jabatannya.

Nama Leon Alvinda Putra sebelumnya juga sempat menjadi perbincangan hangat warganet, setelah aksi organisasi yang dipimpinnya memberikan kritik terhadap Presiden Jokowi dengan julukan The King of Lip Service. 

Dikutip dari laman resmi BEM UI, Leon merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis angkatan 2017. Sejak Desember 2020 lalu, ia menjabat sebagai Ketua BEM UI, setelah menang dalam pemilihan.

Pada akun Linkedin-nya, Leon menuliskan sejumlah pretasi yang pernah diraihnya. Seperti menjadi juara tiga debat marketing yang diadakan Sekolah Manajemen Trisakti pada 2018. Leon juga pernah meraih juara tiga kompetisi manajemen dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta pada 2018.

Ketua BEM UI itu diketahui pernah bersekolah di Sukoharjo, Jawa Tengah dengan menempuh pendidikan di SMPN 1 Grogol Sukoharjo dan SMAN 1 Sukoharjo.

Sejak masih menjadi siswa ia telah aktif dalam berorganisasi. Pada 2013 Leon pernah dipercaya sebagai Ketua "FANASKKO" (Forum Anak Kabupaten Sukoharjo). 

"Alhamdullilah dipercaya untuk menjadi ketua "FANASKKO" (Forum Anak Kabupaten Sukoharjo)..ini adalah amanah hrs melaksanakan'a dengan penuh tanggung jawab..semangat leon !!" tulisnya di akun Facebook pribadinya. 

Ia bahkan pernah diundang ke Istana Negara dan bertemu dengan Ibu Negara saat itu, Ani Yudhoyono dan Ibu Wakil Presiden, Herawati Boediono. "Alhamdullilah dpt kesempatan berkunjung ke Istana Negara dan bertemu dengan bu ani.." tulis Leon pada 25 Juni 2013. 

Mahasiswa yang hobi mendaki gunung itu, tercatat pernah menjadi Duta Sanitasi Kabupaaten Sukoharjo pada tahun 2013, dan menjadikannya Dutasi Sanitasi Jawa Tengah.

Dilihat dari akun Facebooknya, Leon sudah dari dulu menyuarakan Anti Koruptor. Dikutip dari postingan Facebook pada 16 Agustus 2016, ia menuliskan "Selamat HUT RI yang ke 66 semoga indonesia makin sukses dan ANTI KORUPTOR," tulisnya.