Profil Kapolda Lampung Irjen Hendro Sugiatno yang Murka Anggotanya Rampok Mobil Mahasiswa

Jumat, 22 Oktober 2021 – 06:02 WIB

Kapolda Lampung Irjen Hendro Sugiatno

Kapolda Lampung Irjen Hendro Sugiatno

JAKARTA, REQnews - Kapolda Lampung Irjen Hendro Sugiatno marah besar setelah mengetahui salah satu anggotanya, Bripka IS, terlibat dalam perampokan dan penculikan salah satu mahasiswa bernama Guritno Tri Widianto.

Bripka IS bekerja sama dengan oknum ASN dan dua orang lainnya merampok mobil korban dan satu temannya di sekitaran GOR Saburai, Enggal, Bandar Lampung. 

Korban diculik paksa, bahkan para pelaku menodongkan senjata api, lalu meminta uang tebusan kepada orang tua Guritno. Para korban kemudian dibuang dalam keadaan terikat dengan mata tertutup. 

Beruntung, kedua korban selamat dan ditemukan warga pada Minggu 10 Oktober 2021 lalu.

Atas peristiwa ini, Irjen Hendro menegaskan bahwa oknum polisi tersebut akan ditindak tegas dan dipecat secara tidak hormat. Apalagi, Brikpa IS diketahui juga menggunakan narkoba dan terancam hukuman penjara 12 tahun.

 

Profil Irjen Hendro Sugiatno

Lahir di Cilacap, Jawa Tengah 14 Desember 1964, Hendro menjabat sebagai Kapolda Lampung 18 Februari 2021.

Sebelum menjadi kapolda, Hendro mengemban amanah sebagai Asisten Kapolri Bidang Perencanaan dan Anggaran sejak 2019 hingga 2021.

Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1988 ini dikenal berpengalaman sebagai polisi di bidang lalu lintas atau lantas.

Sepanjang karirnya, beberapa jabatan mentereng pernah diemban Hendro, di antaranya menjadi Karorenmin Bareskrim Polri (2019), Dir Sabhara Polda Kepri (2010) dan Dir Lantas Polda Banten (2008).

Hendro juga pernah menduduki posisi sebagai Wakapolresta Barelang Polda Kepri (2007), Kapolres Langsa Polda Aceh (2006), dan Kapolres Aceh Singkil (2004).

Ia juga dianugerahi beberapa penghargaan sebagai anggota kepolisian, di antaranya Bintang Bhayangkara Nararia hingga Satya Lencana Kesetiaan 24 Tahun.