IFBC Banner

Mengenal 'Denjaka' Pasukan Elite TNI Paling Mematikan, 1 Anggotanya Setara 120 Prajurit!

Rabu, 10 November 2021 – 16:01 WIB

Pasukan Detasemen Jalamangkara (Denjaka)

Pasukan Detasemen Jalamangkara (Denjaka)

JAKARTA, REQnews - Indonesia dikenal memiliki pasukan elit yang disegani dunia. Pasukan elit tersebut terdiri dari prajurit-prajurit terbaik yang tergabung dalam sejumlah regu khusus yang berasal dari 3 matra, yakni Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara.

IFBC Banner


Menurut informasi yang dihimpun dari sejumlah sumber, TNI setidaknya memiliki 9 pasukan elit yang disegani dunia. Salah satunya yang konon paling ditakuti adalah Detasemen Jalamangkara (Denjaka).

Denjaka merupakan detasemen penanggulangan teror aspek laut yang berasal dari TNI Angkatan Laut. Denjaka adalah satuan gabungan antara personel Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Batalion Intai Amfibi (Taifib) Korps Marinir TNI-AL.

Anggota Denjaka dididik di Bumi Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, dan harus menyelesaikan suatu pendidikan yang disebut PTAL (Penanggulangan Teror Aspek Laut). Lama pendidikan untuk menjadi anggota Denjaka adalah enam bulan.

Dikabarkan, tak banyak prajurit TNI yang bisa lolos dalam pendidikan untuk menjadi anggota Denjaka. Dari ratusan prajurit yang ikut pendidikan, hanya sekitar 50 yang terpilih menjadi anggota Denjaka.

Sebabnya, anggota Denjaka wajib memiliki IQ tinggi dan harus kuat menjalani latihan keras bahkan mengancam nyawa.

Detasemen dengan moto Satya Wira Dharma ini dikhususkan untuk satuan anti teror walaupun mereka juga bisa dioperasikan di mana saja terutama anti teror aspek laut. Berdasarkan informasi, 1 anggota Denjaka setara dengan 120 prajurit biasa.