IFBC Banner

Muncul Calon Kuat KSAD Baru, Dialah Danpusterad Letjen Teguh Arief Indratmoko Si Baret Merah

Kamis, 11 November 2021 – 17:15 WIB

Danspusterad Letjen TNI Teguh Arief Indratmoko

Danspusterad Letjen TNI Teguh Arief Indratmoko

JAKARTA, REQnews - Pangkostrad Letjen Dudung Abdurachman dan Kasum TNI Letjen Eko Margiyono tampaknya punya pesaing baru yang bakal meramaikan bursa calon Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang bakal ditinggalkan Jenderal Andika Perkasa setelah ditunjuk sebagai Panglima TNI.

IFBC Banner


Nama baru di bursa KSAD itu adalah Letjen Teguh Arief Indratmoko, yang kini menjabat sebagai Komanan Pusat Teritorial TNI Angkatan Darat (Danpusterad) sejak 25 Mei 2021.

Lahir di Banyumas, Jawa Tengah, 19 September 1965, jenderal bintang tiga ini dibesarkan oleh satuan elite Komando Pasukan Khusus (Kopassus) alias Korps Baret Merah.

Ia juga dikenal pintar dan cerdas, terbukti dengan meraih IPK 3,76 yang nyaris sempurna saat menyelesaikan pendidikan Magister Manajemen di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, 2019 silam.

Karirnya juga tak kalah moncer. Ia pernah menjabat sebagai Aslog Danjen Kopassus hingga Komandan Grup 2 Kopassus pada 2011-2013 lalu.

Namanya melegenda ketika ia memimpin satuan tempur pada 2003 hingga 2004 dalam Komando Daerah I/Bukit Barisan (Kodam I/BB) dan Batalyon Infanteri 122/Tombak Sakti (Yonif 122/TS).

Bintang pertamanya sebagai brigadir jenderal datang tahun 2015, saat dipromosikan sebagai Danrem 091/Aji Surya Natakesuma.

Kemudian, Teguh merapat dekat dengan Istana, ketika ia mengemban amanah sebagai Wakil Komandan Pasukan Pengaman Presiden (Wadanpaspampres) Joko Widodo tahun 2017.

Sepak terjang teguh sebagai seorang prajurit semakin melejit, ia dipromosikan menjadi Pangdam Iskandar Muda pada 2018 dengan pangkat mayor jenderal (mayjen).

Setelah dua tahun menjadi orang nomor satu di jajaran Kodam Iskandar Muda, Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko ditarik masuk Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad) di bawah komando Jenderal Andika Perkasa sebagai Asisten Intelijen (Asintel) KSAD.

Mei 2021, jabatannya digeser menjadi Danpusterad. Kini, Teguh secara kualifikasi sudah memenuhi syarat untuk menjadi KSAD dengan berpangkat Letnan Jenderal (Letjen) TNI.