Mengenal Satuan Bravo 90 TNI AU, Beraksi Senyap Berantas Teror Lewat Udara

Rabu, 17 November 2021 – 23:01 WIB

Satuan Bravo 90 TNI AU

Satuan Bravo 90 TNI AU

JAKARTA, REQnews - Tahukah kamu? Satuan TNI Angkatan Udara (AU) memiliki satuan khusus yang menanggulangi aksi teror melalui udara.

Satuan khusus ini diberi nama Satbravo-90, atau yang sebelumnya dikenal dengan Denbravo 90. Satbravo 90 adalah satuan pelaksana operasi khusus Korps Pasukan Khas (Kopaskhas) yang berada di bawah Korpaskhas.

Satbravo 90 bertugas melaksanakan operasi intelijen. Tidak hanya itu, mereka juga bertugas melumpuhkan alutsista atau instalasi musuh dalam mendukung operasi udara. Dan juga penindakan teror bajak udara.

Satbravo 90 memiliki motto Catya Wihikan Awacyama Kapala yang artinya setia, terampil, berhasil. Satbravo 90 muncul pada era kepemimpinan Komandan Puspaskhas 1990 Marsma TNI Maman Suparman. Setelah itu, pasukan elite ini dikukuhkan pada 16 September 1990 oleh KSAU Marsekal TNI Hanafie Asnan.

Sebagai satuan khusus yang diandalkan, personel Satbravo 90 harus dilengkapi dengan beragam kualifikasi tinggi. Mulai dari combat free fall, scuba diving, pendaki serbu, teknik terjun High Altitude Low Opening (HALO) atau High Altitude High Opening (HAHO), selam, dan tembak kelas 1.

Satbravo 90 juga dilatih menembak dengan menggunakan peluru tajam tiga kali lipat lebih banyak dari pasukan reguler lainnya. Pelatihan tersebut dilakukan agar mereka bisa memiliki kecepatan dan ketepatan untuk bertindak dalam waktu sepersekian detik.