Profil AKBP Rio Tangkari, Polisi Humanis Bersahaja yang Bantu 2 Bocah 'Children of Heaven' Viral

Selasa, 23 November 2021 – 03:31 WIB

AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari

AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari

JAKARTA, REQnews - Baru-baru ini netizen jagat maya dibuat terenyuh dengan viralnya kisah pilu sepasang bocah kakak beradik di Baubau, Sulawesi Tenggara.

Mirip dengan kisah di film legendaris "Children of Heaven", kedua bocah itu sehari-sehari terpaksa bergantian sepatu ke sekolah lantaran hidup kekurangan.

Namun syukurnya, kakak beradik bernama Nadia dan Riski itu langsung dibantu oleh sosok Kapolres Baubau yakni AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari.

AKBP Rio Tangkari langsung bergerak cepat memberikan bantuan kepada dua bocah malang itu. Dia bahkan langsung mendatangi kediaman anak-anak tersebut untuk menyampaikan bantuan.

Dalam video yang viral tampak AKBP Rio Tangkari mendatangi rumah Nadia dan Riski. Dia berinteraksi langsung dengan kedua bocah. Kapolres Baubau itu bahkan tak sungkan memeluk hangat kedua bocah tersebut layaknya anak sendiri.

Dia pun menghadiahkan bocah-bocah itu perlengkapan sekolah termasuk sepatu agar mereka tak lagi bergantian alas kaki saat hendak bersekolah.

Ini bukan kali pertama sosok AKBP Rio Tangkari terjun ke masyarakat langsung menunjukkan kepeduliannya. Sejak menjabat sebagai Kapolres Baubau 2019 silam, dia memang dikenal selalu terdepan dalam berbuat untuk hal-hal yang menyangkut kemanusiaan.

AKBP Rio dikenal sebagai pemimpin tegas, humanis sekaligus bersahaja oleh masyarakat. Sebelum ini, alumni Akademi kepolisian tahun 1999 ini juga pernah viral beberapa waktu silam karena mendatangi rumah-rumah warga sembari menenteng karung-karung beras di tengah malam gelap gulita demi memberikan bantuan.

Sejak awal dilantik menjadi Kapolres, pria kelahiran Lampung ini memang unik dan sangat prihatin dengan kondisi-kondisi kemasyarakatan. Tidak jarang, ia terlihat mengambil peran dan ikut terlibat dalam setiap kegiatan kemanusiaan apalagi di tengah masa pandemi Covid-19.

"Siapapun kita, jabatan apapun, kepedulian harus ditanamkan maka ambil peran, jangan biarkan orang terdekat kita merasa sendirian," katanya, dikutip Selasa, 23 November 2021.

Namun, di balik sifat humanisnya, Kapolres Baubau ini juga terkenal tegas dan berani serta tidak mau berdamai dengan pelaku kejahatan. Beberapa kali dia terlihat "ngamuk" saat membubarkan dua kelompok massa yang akan membuat rusuh di Kota Baubau.

Membongkar jaringan narkoba di lembaga pemasyarakatan dan masih banyak lagi kasus kriminalitas menonjol yang dituntaskannya.

"Kita tidak ingin ada tempat bagi pelaku kejahatan di negeri ini, saya perintahkan anggota saya untuk tidak berdamai dengan pelaku kejahatan," tegasnya.