Berlatar Belakang Lawyers, Ini Dia Arteria Dahlan Anggota DPR RI yang Berseteru dengan Anak Jenderal

Selasa, 23 November 2021 – 14:04 WIB

Arteria Dahlan (Foto:Istimewa)

Arteria Dahlan (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Arteria Dahlan lahir di Jakarta, 7 Juli 1975. Pria berumur 46 tahun tersebut adalah seorang pengacara dan politisi Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Arteria juga diketahui menjadi pemilik Arteria Dahlan Lawyers dari 2009 hingga 2014.

Arteria juga pernah menjadi senior lawyer di Bastaman & Co tahun 2001-2005, lalu menjadi parterner di tempat yang sama. Sebelum di Bastaman & Co, Arteria menjadi junior lawyer di Hutabarat, Halim & Rekan selama pada 2000-2001.

Pada 1999-2000, Arteria Dahlan magang di Hadiputranto, Hadinoto & Partners. Selain itu, Arteria diketahui pernah menjabat direksi, komisaris, dan pemegang saham di sejumlah perusahaan swasta.

Saat ini, pria lulusan S1 Program Kekhususan Hukum Ekonomi, Universitas Indonesia, menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2019–2024 mewakili daerah pemilihan Jawa Timur VI.

Arteria mulai duduk di DPR RI pada 23 Maret 2015. Ia menjadi Pengganti Antar Waktu (PAW) dari Djarot Saiful Hidayat yang ditunjuk sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta untuk mendampingi Gubernur Basuki Tjahaja Purnama.

Orang tua Arteria merupakan perantau Minang asal Kukuban, Maninjau, Sumatra Barat. Ayahnya bernama Zaini Dahlan dan ibunya bernama Wasniar. Mereka merantau ke Jakarta pada era 1950-an dan bekerja sebagai guru.

Sebelum kejadian saat ini yang berseteru dengan anak jenderal, pria S2 Ilmu Hukum Ketatanegaraan, Universitas Indonesia ini juga pernah menuai kontroversi dan dianggap tidak sopan karena menunjuk-nunjuk ekonom senior Emil Salim saat beradu argumen disebuah acara tv. Meski menuai banyak kecaman, ia menyebut sikapnya bentuk perjuangan ideologi dan menolak meminta maaf kepada Emil Salim.

Sebelumnya, pada 28 Maret 2018, Arteria juga pernah melontarkan makian kepada Kementerian Agama dengan kata bangsat dalam rapat kerja Komisi III DRP.