Mengenal 3 Satuan Elite TNI Mematikan yang Bertugas Berantas KKB Papua

Rabu, 24 November 2021 – 07:01 WIB

Satuan elite TNI yang bertugas memberantas KKB Papua.

Satuan elite TNI yang bertugas memberantas KKB Papua.

JAKARTA, REQnews - Tiga satuan elite "pentolan" TNI ikut terjun dalam tim gabungan dengan Polri dalam memberantas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Ketiga satuan dengan kemampuan "mematikan" tersebut adalah Satgas Nanggala Kopassus, Yonif Raider 500/Sikatan Kodam V/Brawiijaya dan Satgas Pinang Sirih (Cakra) Kostrad.

Ketiganya sempat melakukan sejumlah penyerangan bersama Polri terhadap KKB. Salah satunya penyerbuan markas persembunyian KKB di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak yang menghebohkan pada Mei 2021 silam.

Tiga satuan elite TNI ini bukanlah pasukan biasa. Para prajurit yang menjadi anggotanya dibekali dengan keterampilan dan kemampuan melebihi para prajurit lain.

Satgas Nanggala merupakan sebutan tim kecil intelijen tempur Kopassus. Personelnya merupakan prajurit pilihan dari korps baret merah yang selain mempunyai kemampuan mumpuni, mereka juga ahli dalam intelijen tempur.

Sementara Yonif Raider 500/Sikatan merupakan pasukan elite TNI dari Kodam V/Brawijaya. Pasukan ini disebut memiliki kemampuan dan kekuatan tiga kali lipat prajurit TNI biasa di matra angkatan darat. Mereka dilatih untuk melakukan penyergapan, termasuk gerilya dengan mobilitas tinggi dan pertempuran panjang.

Ketiga, Satuan Cakra, salah satu satuan tempur yang dimiliki Kostrad TNI AD dan selalu siap untuk beroperasi atas perintah Panglima TNI. Satuan ini juga memiliki kemampuan di atas rata-rata prajurit infanteri biasa. Satuan ini pun sama halnya dengan Satgas Nanggala yang bergerak cepat dan senyap