Profil AKBP Dermawan Karosekali, Perwira yang Dikeroyok Brutal Ormas Pemuda Pancasila

Kamis, 25 November 2021 – 19:18 WIB

AKBP Dermawan Karosekali

AKBP Dermawan Karosekali

JAKARTA, REQnews - AKBP Dermawan Karosekali menjadi korban pemukulan dan pengeroyokan brutal oleh anggota Pemuda Pancasila (PP), saat ia mengamankan demonstrasi ormas tersebut di depan gedung DPR RI, Kamis 25 November 2021.

Dermawan adalah perwira menengah Polri, yang kini diketahui menjabat sebagai Kabag Ops Ditlantas Polda Metro Jaya.

Sebelumnya, nama AKBP Dermawan juga diketahui publik, ketika ia berada di garda terdepan menghalau aksi massa pendukung Habib Rizieq Shihab di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, akhir Agustus 2021 lalu.

Kala itu, sedang dilaksanakan sidang banding atas vonis empat tahun Habib Rizieq dalam kasus hasil swab test RS Ummi Bogor.

Di tengah massa yang tak terima karena junjungan mereka, Habib Rizieq, dinyatakan bersalah, AKBP Dermawan maju dan melarang massa membuat kerumunan, mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir.

"Kalian mundur dulu. Kalian mundur dulu. Kalian jangan ada kerumunan. Ini pandemi. Habib ada di Mabes," kata AKBP Dermawan di hadapan pendukung Rizieq.

 

Kemudian, ia juga sempat berdebat dengan menantu Rizieq, Habib Hanief Alatas soal kerumunan di depan PT DKI Jakarta.

Pada Februari 2020 lalu, AKBP Dermawan juga sempat viral di media sosial karena aksinya yang dianggap cukup berani dan mengagetkan.

Ia tampil melaporkan banjir dan pengaturan lalu lintas di Jalan S. Parman, di kawasan Jakarta Barat, sembari memegang ular piton. 

Tak banyak informasi terkait profil pribadi AKBP Dermawan. Namun, ia diketahui pernah menjabat sebagai Kasat Resnarkoba Polres Metro Jakarta Utara.

Dalam insiden pengeroyokan yang dilakukan ormas PP, Dermawan mengalami luka di bagian kepala.

Kepolisian akan melakukan penyelidikan, pemeriksaan saksi dan menegaskan bahwa kasus ini tetap dibawa ke ranah hukum.