Mengenal Pasukan Gagah Polri Sabhara yang Kerap Mengamankan Demo

Jumat, 26 November 2021 – 19:35 WIB

Pasukan Sabhara (Foto:humas.polri.go.id)

Pasukan Sabhara (Foto:humas.polri.go.id)

JAKARTA, REQNews - Samapta Bhayangkara atau Sabhara merupakan unit kepolisian yang pasukannya tampak gagah menggunakan seragam abu-abu lengkap dengan topi baretnya.

Satuan Sabhara memiliki tugas untuk menyelenggarakan dan membina fungsi Samapta Bhayangkara yang merupakan tugas polisi secara umum.

Tugas ini meliputi pengaturan, penjagaan, pengawalan, patroli, pengendalian masa, pengamanan kegiatan masyarakat dan olah tempat kejadian perkara (TKP).

Tentu saja bukan tugas yang mudah, pasukan ini harus melaksanakan sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat serta penegakkan hukum sesuai dengan fungsinya dalam rangka Memelihata Keamaanan dan Ketertiban Masyarakat.

Selain itu juga meniadakan unsur kesempatan atau peluang bagi anggota masyarakat yang berniat melakukan pelanggaran hukum.

Sabhara juga harus melaksankan tindakan represif tahap awal serta bentuk gangguan kamtibmas, melaksanakan penegakan hukum terbatas (Gakkumtas)contoh seperti tipiring dan penegakan Perda.

Tugas lainya dari pasukan ini adalah pemberdayaan dukungan satwa dalam tugas Opnal Kepolisian, melaksanakan Search And Resque (SAR) terbatas.

Satuan Sabhara juga dibekali ilmu bela diri. Bela diri dibutuhkan dalam rangka mengantisipasi berbagai hal saat menjalankan tugas di lapangan.

Tim Sabhara ini juga dibekali dengan beberapa kemampuan, diantaranya pertempuran jarak dekat, bongkar pasang senjata, hingga tembak reaksi.

Tim Sabhara kerap menjaga keamanan saat adanya demonstrasi, karena itu pasukan ini harus memiliki kemampuan pertahanan dalam menghadapi masa. Anggota harus memiliki kesigapan dalam menghadapi masa dilapangan.

Setiap anggota Sabhara harus memiliki kemampuan untuk melihat, mendengar, dan menjelaskan guna menghadapi situasi ketika berada dilapangan dalam menghadapi masa yang berunjuk rasa. Pasukan Sabhara juga diharapkan memiliki kemampuan meredam emosi masa.