Profil Japto Soerjosoemarno, Bos Besar Pemuda Pancasila yang Anggotanya Gebukin Polisi

Jumat, 26 November 2021 – 20:05 WIB

Japto Soerjosoemarno

Japto Soerjosoemarno

JAKARTA, REQnews - Kasus pemukulan dan pengeroyokan oleh anggota Pemuda Pancasila (PP) terhadap AKBP Dermawan Karosekali, salah satu perwira di Polda Metro Jaya kini sudah masuk ke ranah hukum.

Ormas PP ini bukan kali pertama memicu amarah publik. Banyak pihak menilai, keberadaan ormas ini meresahkan, apalagi beberapa kasus tawuran melibatkan anggotanya.

Sebagai informasi, saat ini ormas PP ini dikomandoi oleh Japto Soelistyo Soerjosoemarno sebagai Ketua Umum Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda Pancasila.

Bernama lengkap Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Japto Soelistyo Soerjosoemarno, sosok yang satu ini sudah cukup lama dikenal di Indonesia.

Lahir pada 16 Desember 1949, Japto adalah putra dari pasangan Mayjen (Purn) KPH Soetarjo Soerjosoemarno dan Dolly Zegerius.

Mengutip Wikipedia, ayah Japto, yakni Soetarjo adalah keturunan darah biru dari Mangkunegaran, yakni cucu Mangkunegara V. Sementara ibunya adalah orang Belanda keturunan Yahudi yang pernah jadi atlet nasional cabang Bridge.

Japto telah menjadi tokoh besar Pemuda Pancasila selama tiga dekade terakhir ini dan belum ada yang bisa menggantikannya sebaga sosok utama.

Selain itu, Japto juga aktif di Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan dan Putra-Putri ABRI (FKPPI) serta menjabat sebagai Ketua Umum DPP Partai Patriot.

Lalu, Japto dikenal sebagai tokoh yang ikut melestarikan binatang bersama organisasi WWF.

Hanya saja, hal ini menimbulkan kontroversi. Alasannya, Japto dikenal sebagai orang yang hobi melakukan perburuan, sebagai buktinya adalah trophy dari 'Big Five' dari Afrika serta koleksi hewan-hewan yang dioffset seperti hidup, menjadi hiasan interor rumahnya di kawasan Ciganjur, Jakarta.