IFBC Banner

Disorot! Ini Sosok Hillary Brigitta, Anggota DPR yang Surati Jenderal Dudung Minta Ajudan dari TNI

Jumat, 03 Desember 2021 – 07:00 WIB

Hllary Brigitta

Hllary Brigitta

JAKARTA, REQnews - Nama Hillary Brigitta Lasut (25 tahun) tengah jadi sorotan usai menyurati Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Dudung Abdurachman untuk meminta ajudan dari TNI.

IFBC Banner


Hillary yang merupakan anggota DPR RI termuda itu pun menyampaikan alasannya meminta ajudan dari TNI dalam Insta Story di akun Instagramnya @hillarybrigitta.

"Benar, saya menyurat ke KASAD untuk memohon bantuan pengamanan sesuai dengan Permen Nomor 85 Tahun 2014," tulisnya, dikutip Jumat, 3 Desember 2021.

Dalam penjelasannya soal mengapa ia butuh ajudan dari TNI, Hillary menyampaikan bahwa dirinya belum menikah.

"Kalau ditanya kenapa, jujur saja saya harus mengakui, cukup tidak mudah untuk menjadi seorang perempuan, berusia 20-an dan belum menikah, khususnya di dunia politik yang dinamis dan tidak tertebak," ungkapnya.

Tak cuma itu, Hillary juga mengungkapkan bahwa dirinya tinggal di ibukota dengan bibi dan adiknya yang masih kecil. Sedangkan ayahnya sering bertugas di daerah perbatasan.

"Tidak ada yang kuat secara fisik di rumah, adik laki-laki saya yang paling besar baru lulus SMP, yang paling kecil baru 3 tahun," katanya.

Hillary juga menegaskan bahwa dirinya meminta bantuan pengamanan dari TNI karena memang butuh dan terdesak, bukan untuk terlihat keren saja.

"Ada hal-hal besar dan strategis yang akan saya suarakan beberapa saat ke depan dan berpotensi mengganggu sekelompok oknum, sehingga saya yakin tindakan antisipasi tidak ada salahnya," ujarnya.

Sebelumnya, Hillary menjelaskan bahwa dirinya ingin ajudan seorang tentara karena ia menilai tentara lebih siap secara fisik dan mental.

"Setelah mengetahui permen ini (Permen Nomor 85 Tahun 2014), saya yang sudah lama mempertimbangkan bantuan pengamanan memilih TNI karena secara fisik dan mental selalu siap untuk keadaan darurat," katanya.

Lantas seperti apa latar belakang Hillary Brigitta yang telah menjadi anggota DPR di usia 23 tahun ini? Berikut sejumlah fakta menarik tentangnya!

1. Anak Bupati Kepulauan Talaud 3 Periode

Hillary lahir di Manado, Sulawesi Utara, 22 Mei 1996. Ia adalah putri dari pasangan Elly Engelbert Lasut dan Telly Tjanggulung (almarhum).

Elly menjabat sebagai Bupati Kepulauan Talaud pada 2004-2009, 2009-2012, dan 2020-2025 (masih menjabat sampai sekarang).

Masa jabatan Elly yang sampai tiga periode itu sendiri sudah sering dipertanyakan, baik di Sulawesi Utara maupun di tingkat nasional. Apalagi, Elly pernah terjerat kasus korupsi pada 2010, namun baru diberhentikan pada 2012.

Sampai-sampai, Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey enggan melantik pria yang juga pernah jadi Ketua DPRD Kepulauan Talaud pada 2003-2004 itu.

Hingga akhirnya, pelantikan periode ketiga Elly dilakukan langsung oleh Mendagri Tito Karnavian secara tertutup di Kantor Kemendagri pada 26 Februari 2020 lalu.

2. Lulusan S2 dari Amerika Serikat

Hillary, yang akrab disapa Hil, menempuh pendidikan dasar di SD Katolik 01 St Therst (2003-2009), SMP Manado Internasional (2009-2011), dan SMU 1 Manado (2011-2014).

Kemudian, Hil menempuh pendidikan tinggi jurusan S1 Ilmu Hukum di Universitas Pelita Harapan (2014-2018). Selanjutnya, ia melanjutkan S-2 di Universitas Washington, Amerika Serikat, jurusan Hukum Internasional (2018-2019).

Sebelum jadi anggota DPR, Hil pernah bekerja sebagai Arta Officer di Lippo Mall Puri (2018) dan juga pernah bekerja sebagai operasional direktur di CV Mutiara Sakti (2019).

3. Politikus Partai Nasdem

Hil merupakan politikus Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Ia maju sebagai calon anggota DPR dari daerah pemilihan Sulawesi Utara, dan ia berhasil meraih 70.345 suara pada Pemilu 2019. Kini, Hil duduk sebagai anggota Komisi I di DPR.