Kenalin Nih Pasukan Maut TNI AL, Batalyon Intai Amfibi Garang di Darat dan Lautan

Jumat, 03 Desember 2021 – 16:02 WIB

Pasukan YonTaifib (Foto:Istimewa)

Pasukan YonTaifib (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Batalyon Intai Amfibi (YonTaifib) merupakan satuan elit dalam Korps Marinir yang memiliki spesialisasi dalam operasi Pengintaian Amfibi (Amphibious reconnaissance) dan Pengintaian Khussus (Special reconnaissance).

Tugas pokok dari pasukan ini adalah menyediakan kekuatan serta membina kemampuan unsur-unsur amfibi maupun pengintaian darat serta tugas-tugas operasi khusus dalam rangka pelaksanaan operasi pendaratan amfibi, operasi oleh satuan tugas TNI AL atau tugas-tugas operasi lainnya.

Pasukan YonTaifib (foto:Istimewa)

Pasukan ini bertugas melindungi kedaulatan NKRI tak hanya di lautan tempat matra asli mereka. Tapi juga di darat dan udara secara sempurna

Untuk menjadi anggota YonTaifib, calon diseleksi dari prajurit marinir yang memenuhi persyaratan mental, fisik, kesehatan, dan telah berdinas aktif minimal dua tahun.

Persayaratn untuk bisa bergabung dengan pasukan ini harus memiliki kehalian yang khusus. Yakni salah satu program latihan bagi siswa pendidikan intai amfibi,adalah berenang dalam kondisi tangan dan kaki terikat, sejauh 3 km.

Pasukan YonTaifib (Foto: Dispen Kormar)

Dari satuan ini kemudian direkrut lagi prajurit terbaik untuk masuk kedalam Detasemen Jala Mengkara, pasukan elitnya TNI Angkatan Laut.

Batalyon ini akan melakukan tugas-tugas khusus seperti pengintaian dari laut, darat, hingga udara secara sempurna melalui latihan-latihan yang sangat ketat.

Mengingat kemampuan dan ruang lingkup penugasan yang serba khusus, dalam perkembangannya Yontaifib pun mendapat status pasukan khusus. Kualifikasi sebagai pasukan khusus diperoleh pada 18 November 2003 dalam upacara di Kesatrian Sutedi Senaputra, Surabaya.