IFBC Banner

Profil Kolonel Hamim Tohari, Kepala Staf Korem Merauke yang Kena Semprot Jenderal Andika

Sabtu, 04 Desember 2021 – 11:07 WIB

Kepala Staf Korem 174/Anim Ti Waninggap (ATW) Kolonel Arh Hamim Tohari (Foto: Tangkapan Layar)

Kepala Staf Korem 174/Anim Ti Waninggap (ATW) Kolonel Arh Hamim Tohari (Foto: Tangkapan Layar)

JAKARTA, REQnews - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa marah saat Kepala Staf Korem 174/Anim Ti Waninggap (ATW) Kolonel Arh Hamim Tohari justru sibuk bermain ponsel ketika mengikuti rapat.

IFBC Banner


Bukannya memperhatikan saat Jenderal Andika memberikan pemaparannya, Hamim justru tengah asik dengan ponselnya sendiri. Pria kelahiran Juli 1975 itu, merupakan lulusan Akmil 1994 dari kecabangan Artileri Pertahanan Udara.

Dikutip dari situs resmi Korem Merauke, Kolonel Hamim menjabat sebagai Kasrem sejak 1 April 2021. Sejak menjabat, dirinya pernah mewakili Danrem Merauke, Brigjen Bangun Nawoko, dalam acara Penyerahan Buku Masyarakat Pancasila oleh Albertus Magnus Putut Prabantoro, Alumni Lemhanas PPSA XXI.

Acara itu digelar di Titik 0 Km PLBN Sota, Kampung Sota, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Senin 31 Mei 2021. Ia juga pernah jadi penyaji materi dalam acara Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif yang digelar Korem Merauke.

Menurut Hamim, pelaksanaan kegiatan Komsos Kreatif bertujuan untuk membangun kesamaan pikiran dan tujuan untuk bersama-sama membangun Merauke sesuai tema merajut kebhinekaan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga tercipta Merauke sebagai Tanah Damai dapat terwujud.

Sebelum menjadi Kasrem Merauke, Hamim adalah seorang Asintel Kasdam XIV/Hasanuddin. Selain itu, Kolonel Hamim pernah menjabat sebagai Kasubdislisstra Dispenad.

Pada tahun 2015, saat dirinya masih menjabat sebagai Kasubdislisstra Dispenad, pernah menulis artikel berjudul Angkatan Darat yang Semakin Membuka Diri, yang dipublikasikan pada 19 Juni 2015 di situs resmi TNI AD.

Selain itu, Kolonel Hamim juga pernah menduduki sejumlah jabatan seperti Komandan Kodim 0505/Jakarta Timur, Kadepsosbah Akmil, Kasubdislisstra Dispenad, Asintel Kasdam XIV/Hasanuddin, hingga Kepala Staf Korem 174 Merauke.

Sebelumnya dalam acara rapat yang dipimpin oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kolonel Hamim disemprot habis karena asik bermain ponsel.

"Harusnya mereka tahu. Mas Hamim lihat saya, ini Mas Hamim kan yang di Merauke? Betul?" kata Andika dikutip pada Sabtu 4 Desember 2021.

Jenderal bintang empat itu pun mengingatkan Hamim agar tak bermain ponsel selama rapat. "Handphone geser, Mas Hamim handphone geser," kata Andika.

"Siap sudah," ujar Hamim menjawab perintah Jenderal Andika. "Mana? Ke samping kiri, jauh," kata Andika dengan tangan menunjuk-nunjuk.

Hamim pun diminta untuk mengulangi instruksi yang diberikan Andika kepada peserta rapat. Bahkan Andika hingga memberikan instruksi dua kali kepada abiturien Akmil 1994 itu.

Hal itu Andika lakukan untuk mengetes apakah Hamim mendengarkan rapat. "Siap Bapak," kata dia.

Andika pun menyinggung Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen Ignatius Yogo Triyono dan Komandan Korem ATW Brigjen Bangun Nawoko.

Dirinya mengingatkan agar kedua pimpinan TNI AD di Papua itu bisa mengingatkan kepada anak buahnya yang tidak disiplin saat mengikuti rapat.

"Lihat kan itu? Mas Yogo lihat? Mas Bangun lihat? Ya itulah anak buahnya Mas Bangun itu. Kualitasnya ya begitu," kata Andika dengan nada kecewa.