Ini Profil YIA Kulon Progo, Lokasi Bugil Siskaee yang Disebut Jokowi Bandara Tahan Gempa dan Tsunami

Minggu, 05 Desember 2021 – 18:48 WIB

Bandara Internasional Yogyakarta - Kulon Progo (YIA). (Foto:Angkasa Pura I )

Bandara Internasional Yogyakarta - Kulon Progo (YIA). (Foto:Angkasa Pura I )

JAKARTA, REQnews - Dunia maya baru-baru ini dihebohkan dengan ulah seorang wanita yang memamerkan payudara dan bagian intimnya di kawasan Yogyakarta International Airport (YIA). Belakangan terungkap identitas wanita berparas cantik itu disebut-sebut sebagai Siskaeee.

Wanita ini ditangkap di Kota Bandung, Sabtu 4 Desmber 2021.

Menurut Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Erdi Adrimulan Chaniago,bahwa wanita tersebut ditangkap di Stasiun Kereta Api Bandung di Jalan Kebon Kawung, Kota Bandung sekitar pukul 13.00-14.00 WIB.


Erdi menjelaskan, sebelum melakukan penangkapan, pihaknya menerima catatan daftar pencarian orang (DPO) yang dikirimkan oleh Polda DIY.

Berawal dari catatan itu, tim gabungan kemudian bergerak memburu wanita tersebut. Tim gabungan berasal dari Polda Jabar, Polrestabes Bandung, termasuk anggota dari Polres Kulon Progo.

"Yang bersangkutan ditangkap saat turun dari kereta api di (Stasiun) Bandung," kata Erdi.

Aksi eksibisionis wanita berparas cantik di Bandara YIA itu sempat membuat heboh masyarakat karena direkam melalui kamera video hingga viral di media sosial.

Yogyakarta International Airport (YIA) yang berlokasi di Kulon Progo, DI Yogyakarta diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Jumat 28 Agustus 2020.

YIA terletak di wilayah pesisir yang berbatasan langsung dengan laut.

Dalam peresmian Bandara YIA, Jokowi menyampaikan sejumlah pujian untuk bandara yang dibangun sejak 2018 ini. Pembangunan bandara yang relatif singkat namun dengan arsitektur yang memukau.

“Kearsitekturan dan semua interior ini sangat bagus. Saya melihat secara detil semua. Pengerjaannya menurut saya ini terbaik saat ini di Indonesia,” kata Jokowi saat meresmikan YIA di Kulon Progo, Jumat 28 Agustus 2020.

"Menurut saya ini (bandara) terbaik saat ini di Indonesia. Enggak tau kalau ada bandara baru lebih baik lagi enggak tahu," kata Jokowi lewat kanal YouTube Sekeetariat Presiden.

 

Selain itu, Bandara YIA diklaim sebagai bandara pertama di Indonesia yang mampu menahan gempa, bahkan hingga 8,8 magnitudo dan tsunami setinggi 12 meter. 

"Bandara baru ini didesain memiliki daya tahan terhadap gempa sampai hingga 8,8 skala richter. Tadi Ibu (Kepala) BMKG menyampaikan kepada saya Bu Dwikorita, ini bisa menahan gelombang tsunami hingga ketinggian 12 meter. Insya Allah ini sudah dirancang untuk ke sana semuanya," ucap Jokowi.

Senada, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita juga mengatakan, bandara ini dilengkapi dengan sistem pengamatan gempa bumi dan peringatan dini tsunami. Alat-alat tersebut antara lain pemantau kondisi cuaca seperti AWOS, radar, deteksi windshear dan deteksi abu vulkanik.

Lebih lanjut, keunggulan lain Bandara YIA yakni terdapat gedung terminal dan gedung pusat krisis yang dapat difungsikan sebagai shelter evakuasi jika terjadi tsunami.

Menurut situs resmi Bandara YIA, yogyakarta-airport.co.id, ada sejumlah kios atau gerai berbelanja dan restoran yang dapat dikunjungi pelanggan.Tak hanya itu, bandara ini juga memiliki fasilitas untuk penukaran uang, atm dan bank, pengembalian pajak, layanan bebas bea, dan ruang charging

Diketahui, Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono juga turut terlibat dalam arsitektur bandara YIA. Bandara YIA memiliki fasilitas lengkap, termasuk landasan pacu yang panjang.

Yia juga memiliki keunggulan lain seperti, terminal bandara yang saat ini mampu melayani 20 juta penumpang per tahun.

Angka ini jauh melebihi Bandara Adisutjipto yang hanya memiliki kapasitas 1,8 juta penumpang. Bandara YIA juga memiliki kelebihan yakni landasan pesawat sepanjang 3.250 meter.

Dengan panjangnya landasan pacu ini membuat pesawat terbesar maupun yang terberat, seperti pesawat Airbus A-380, Boeing 747, dan Boeing B-777 mampu mendarat di landasan ini.

Menariknya, tidak hanya memiliki landasan yang panjang, luas Bandara YIA mencapai 219.000 meter persegi.