Profil Polda Kaltara, Paling Muda di antara Lainnya

Rabu, 08 Desember 2021 – 02:02 WIB

Mapolda Kalimantan Utara di Kabupaten Bulungan

Mapolda Kalimantan Utara di Kabupaten Bulungan

JAKARTA, REQnews - Polda Kalimantan Utara (Kaltara) adalah polda paling muda usianya di antara satuan kepolisian setingkat di Indonesia.

Berdiri pada 9 Januari 2018, Polda Kaltara terbentuk jauh setelah disahkannya Kalimantan Utara sebagai provinsi baru oleh DPR pada 2012 dan penetapannya oleh Kemendagri pada 2013 silam.

Namun, meski terbilang muda, Polda Kaltara memiliki peran yang begitu strategis menjaga wilayah perbatasan Indonesia di utara Kalimantan, yang berbatasan dengan Malaysia, serta berdekatan dengan Brunei Darussalam dan Filipina.

Awalnya, Polda Kaltara masih bertipe B dan dipimpin oleh Kapolda dengan pangkat Brigadir Jenderal (Brigjen).

Markas Polda Kaltara kini terletak di Kabupaten Bulungan, yang merupakan ibu kota Provinsi Kaltara. Polda ini menaungi 1 polresta dan 3 polres, yakni Polresta Tarakan, Polres Bulungan, Polres Malinau dan Polres Nunukan.

 

Saat ini, Polda Kaltara sudah naik peringkat menjadi tipe A, yang artinya dipimpin oleh Kapolda berpangkat Inspektur Jenderal (Irjen). Wilayah hukumnya meliputi empat kabupaten dan satu kota madya, yakni Kabupaten Bulungan, Malinau, Tana Tidung dan Nunukan, serta Kota Tarakan.

Adapun Kapolda Kaltara saat ini adalah Irjen Pol Bambang Kristiyono yang menjabat sejak Agustus 2020 dan Wakil Kapolda (Wakapolda) Brigjen Pol Erwin Zadma yang menjabat sejak Februari 2020.

Saat masih bertipe B, Polda Kaltara pertama kali dipimpin oleh Kapolda Irjen (Purn) Indrajit yang kala itu masih berpangkat Brigjen dan Wakapolda Brigjen (Purn) Zainal Arifin Paliwang yang ketika itu berpangkat Kombes, pada 2018 lalu.