5 Fakta Olvah Alhamid, Eks Finalis Puteri Indonesia yang Video Rasisnya Gemparkan Publik

Rabu, 08 Desember 2021 – 14:41 WIB

Olvah Alhamid, Eks Finalis Puteri Indonesia

Olvah Alhamid, Eks Finalis Puteri Indonesia

JAKARTA, REQnews - Eks finalis Puteri Indonesia 2015, Olvah Alhamid mendadak jadi sorotan publik usai videonya viral di jagat maya.

Dalam video yang diunggah di Insta Story-nya itu, Olvah Alhamid melontarkan sederet pernyataan yang dinilai berbau rasis.

Dalam video Insta Story yang akhirnya viral itu, Olvah terlihat sedang berada di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Dia kemudian menanggapi soal banyaknya WNA yang datang ke Indonesia di tengah pandemi.

"Bingung aja masih banyak banget WNA boleh masuk keluar apalagi yang dari China. Tadi di bandara Kendari mereka banyak banyet. Apalagi pas di bandara Makassar, udah berasa di Beijing," tulis Olvah, dikutip Rabu, 8 Desember 2021.

Sembari berjalan menuju tempat pengambilan barang, Olvah menunjukkan suasana lalu lalang orang-orang di depannya.

"Nih orang-orang ini nih orang-orang China semua nih, mereka takut lho, takut sama kita," kata Olvah.

"Padahal mereka yang bawa penyakit ke Indonesia. Hey China, China, hey hohaho," lanjut dia.

Usai video tersebut viral, Olvah pun ramai dikecam netizen. Banyak netizen menyayangkan tindakan Olvah, terlebih eks finalis Puteri Indonesia itu sebelumnya dikenal vokal menyuarakan anti rasisme.

Setelah panen hujatan, Olvah pun akhirnya meminta maaf lewat sebuah video klarifikasi yang dia unggah di Instagramnya.

"Di sini saya hanya ingin mengklarifikasi, mungkin teman-teman sudah pada lihat video viral yang tentang saya di Bandara Soekarno Hatta, dan saya ingin meminta maaf sebesar-besarnya, sedalam-dalamnya terhadap apa yang saya bilang di video (viral) itu, yang seharusnya tidak saya lakukan," kata Olvah.

"Dan apa pun penjelasan saya di sini tidak membenarkan sikap saya saat itu," sambungnya.

Terlepas dari video kontroversialnya, Olvah Alhamid merupakan sosok yang bertalenta dan memiliki banyak prestasi. Berikut 5 fakta menarik tentang Olvah Alhamid.

1. Berprestasi di Ajang Kelas Dunia

Syarifah Olvah Bwefar Alhamid diketahui masuk lima besar ajang Puteri Indonesia tahun 2015 lalu. Wanita kelahiran Fakfak, Papua Barat ini juga menjadi wakil Indonesia dalam Miss Eco Universe tahun 2016 lalu yang digelar di Mesir.

2. Cerdas di Bidang Akademik

Model keturunan Arab-Papua ini juga dikenal sangat cerdas. Olvah merupakan alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia serta lulusan Bisnis dan Manajemen Universitas Groningen.

3. Kuasai Banyak Bahasa

Selain mumpuni di dunia akademik, jebolan SMAN 5 Surabaya ini juga diketahui menguasai tiga bahasa asing, yakni Inggris, Belanda dan Spanyol.

4. Aktif di Bidang Seni dan Sosial

Olvah diketahui juga menggeluti dunia tarik suara. Dia bahkan sudah menelurkan single berjudul 'Thank You 2020'. Wanita berkulit eksotis ini juga dikenal aktif dalam berbagai kegiatan sosial di Papua.

5. Sempat Disorot karena Mendukung Nagita Slavina

Sebelum ini, Olvah pernah jadi sorotan lantaran mendukung penunjukan Nagita Slavina sebagai Duta PON XX Papua agar perhelatan tersebut lebih dikenal.

Kala itu, Olvah Alhamid menyayangkan sejumlah pihak yang menyalahkan pemilihan tersebut. Menurutnya, PON XX Papua tersebut adalah acara nasional yang berarti siapapun berhak menjadi duta atau ikon selama merupakan Warga Negara Indonesia.