Mengenal Sosok dr Rinal yang Viral, Buka Praktik Bayar Seikhlasnya Bisa Pakai Sayur hingga Dodol

Senin, 03 Januari 2022 – 06:01 WIB

Dokter Rinal Dhuhri

Dokter Rinal Dhuhri

JAKARTA, REQnews - Nama dr Rinal Dhuhri (32 tahun) tengah jadi sorotan beberapa waktu belakangan. Ini lantaran layanan praktik bayar seikhlasnya yang dia tawarkan.

Ya, dokter yang membuka praktik di kawasan Cilodong, Depok ini melayani dengan ikhlas para pasiennya. Siapa saja yang ingin datang berobat dia sambut dengan tangan terbuka tanpa mengharapkan bayaran.

Para pasien bisa membayar seikhlasnya dengan apapun, seperti sayur, buah hingga kue.

Sebelum membuka praktik sendiri di Depok, dokter kelahiran Aceh ini sempat bekerja sebagai dokter di beberapa kota. Hingga akhirnya, dia memutuskan membuka klinik gratis.

"Dari awal saya buka praktik memang sudah membuat jasa saya itu gratis. Mereka bayar obatnya saja. Tapi lama kelamaan saya berpikir di masa pandemi kemarin, cukup banyak yang drop dengan sistem ekonomi mereka. Makanya Alhamdulillah tanggal 15 November itu saya buka praktik dokter seikhlasnya," kata dr Rinal, dikutip Minggu, 2 Januari 2022.

Menariknya, ada kisah unik di balik keputusan dr Rinal membuka layanan praktik seikhlasnya.

"Habis salat Subuh, saya duduk, saya ketiduran sebentar. Setelah itu, timbullah bisikan atau apa. Dikasih tahu ke saya, 'Nal, mulai besok buka berobat rawat jalan seikhlasnya'. Jadi saya bangun tuh dengan senang hati, saya kasih tahu ke perawat saya 'Mulai hari ini, kita buka rawat jalan seikhlasnya'," ujar Rinal bercerita.

Beruntung, keputusan Rinal ini didukung penuh oleh keluarga, terutama orangtua.

"Apalagi kalau seperti ini, saya buat bayar seikhlasnya, tentulah sudah tahu penghasilannya berapa, beliau tidak pernah menanyakan itu. Seberapapun habis dulunya saya kuliah biayanya, tidak jadi masalah. Kata ibu saya seperti itu," lanjutnya.

Rinal pun menegaskan, soal pemasukan yang tak menentu dari hasil praktik tak menjadi masalah baginya. Karena sedari awal, dia berniat untuk membantu sesama dan meringankan beban orang yang sakit.

Rinal pun tak mempersoalkan dibayar dengan apapun selain uang oleh para pasiennya.

"Kalau yang paling unik dibayar sih banyak ya. Ada yang sayuran, ada yang buah, bahkan sampai dodol juga, biskuit. Bahkan ada yang kasih sayur yang sudah dimasak. Sayur asem, gitu," tandasnya.