Lagi Jadi Sorotan! Ini Sosok Alegra Wolter, Dokter Transpuan Pertama di Indonesia

Selasa, 18 Januari 2022 – 11:31 WIB

dr Alegra Wolter

dr Alegra Wolter

JAKARTA, REQnews - Sosok Alegra Wolter tengah jadi sorotan publik beberapa waktu belakangan. Ini terjadi usai dirinya secara terang-terangan membuka identitasnya sebagai seorang transpuan pertama yang berprofesi sebagai dokter di Indonesia.

Sebelum akhirnya menjadi seorang perempuan, Alegra menghabiskan masa kecil hingga remajanya sebagai seorang laki-laki.

Sejak lama dia menutupi jiwa femininnya lantaran takut dirundung oleh teman-teman sebayanya. Sewaktu remaja, Alegra sempat menjadi korban bullying hingga mengalami depresi dan harus berobat ke psikiater.

Namun, semua itu tak menolongnya, Alegra justru sempat dibawa ke dokter dan disuntik hormon testosteron.

"Itu malah membuat saya lebih depresi. Saya merasa identitas saya adalah perempuan, tapi malah diberikan hormon yang memaskulinisasi," kata Alegra dikutip dari BBC Indonesia, Selasa, 18 Januari 2022.

Masa transisi Alegra dari pria menjadi seorang wanita dimulai saat dirinya duduk di bangku kuliah. Sebagai mahasiswa kedokteran, ia mendapat dukungan dari lingkungan dan dosen.

Alegra pada akhirnya pun bisa sepenuhnya terbuka dengan identitasnya. Dia bahkan berani melakukan wisuda dengan berkebaya, seperti yang ia impikan selama ini.

"Seiring berjalannya waktu saya ketemu kolega yang open minded, saya bisa melayani tanpa diusik atau diperdebatkan identitas gender saya. Saya merasa dilihat sebagai manusia yang utuh dan bagi saya itu yang terpenting," tandasnya.