Nani Wartabone Tokoh Deklarasi Kemerdekaan Indonesia 80 Tahun Lalu di Gorontalo

Minggu, 23 Januari 2022 – 23:05 WIB

Nani Wartabone (Foto:Istimewa)

Nani Wartabone (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - 23 Januari 1942 menjadi sejarah besar dimana seorang tokoh bernama Nani Wartabone bersama sejumlah warga mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia di Gorontalo pada hari itu.

Nani Wartabone bersama sejumlah warga penurunan bendera Belanda dan pengibaran bendera Indonesia, merah-putih.

Nani Wartabone adalah putra Zakaria Wartabone, seorang aparat yang bekerja untuk Pemerintah Hindia Belanda. Ibunya adalah keturunan ningrat.

Meskipun ayahnya bekerja di Belanda, Ia memiliki pandangan yang berbeda pada penjajah. Ia tak betah bersekolah karena menurutnya guru-gurunya yang berkebangsaan Belanda terlalu mengagung-agungkan bangsa Barat dan merendahkan Bangsa Indonesia.

Ia bahkan pernah membebaskan tahanan orangtuanya karena tak sampai hati melihat rakyat dihukum.

Tokoh perjuangan dari provinsi Gorontalo itu dianugerahi gelar Pahlawan Nasional Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 085/TK/Tahun 2003 tertanggal 6 November 2003.

Semasa hidup, ia berorganisasi dan berjuang melawan kolonialisme di daerahnya pada masa perjuangan kemerdekaan.

Ia mulai berjuang dengan mendirikan dan menjadi sekretaris Jong Gorontalo di Surabaya pada 1923. Lima tahun kemudian, ia menjadi Ketua PNI Cabang Gorontalo.

Karena dedikasi dan kontribusinya bagi perjuangan kemerdekaan Indonesia di Gorontalo, Nani Wartabone mendapat julukan sebagai Petani Pejuang dan dianugerahi pula gelar adat Pulanga, "Talo Duluwa Lo Lipu" yang berarti "Sang Pembela Negeri".