IFBC Banner

Sosok Indrasari Wisnu Wardhana, Dirjen Kemendag yang Jadi Tersangka Kasus Ekspor Minyak Goreng

Selasa, 19 April 2022 – 16:55 WIB

 Indrasari Wisnu Wardhana (Foto: Biro Humas Kemendag)

Indrasari Wisnu Wardhana (Foto: Biro Humas Kemendag)

JAKARTA, REQnews - Kejaksaan Agung menetapkan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Indrasari Wisnu Wardhana sebagai tersangka dalam dugaan korupsi kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng.

Dikutip dari berbagai sumber, Indrasari yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi itu, diangkat sebagai Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag sejak 20 Desember 2021 lalu.

Diketahui, dirinya juga pernah menjabat sebagai Komisaris PT Perkebunan Nusantara III (Persero) atau PTPN III, yang saat itu dilantik oleh Menteri BUMN Erick Thohir, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor SK-398/MBU/10/2021 dan Nomor SK-399/MBU/10/2021 tanggal 10 Desember 2021.

Seiring berjalannya waktu, Indrasari bersama dengan bersama tiga orang dari perusahaan swasta lainnya, ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam pemberian fasilitas ekspor Crude Palm Oil (CPO). 

"Kami menetapkan tersangka 4 orang pejabat eselon 1 pada Kemendag berinisal IWW, dirjen perdagangan luar Negeri Kemendag telah terbitkan secara melawan hukum persetujuan ekspor terkait CPO dan produk turunnya," kata Jaksa Agung ST Burhanuddin pada Selasa 19 April 2022.

Kemudian tiga tersangka lain diantaranya adalah perusahaan Permata Hijau Grup, Wilmar Nabati, Multimas dan PT Musimas. "Tersangka lainnya yaitu SMA permata hijau senior manager. MPT komisaris PT Wilmar Nabati Indonesia, ketiga General Manager PT Musimas," ujarnya.