IFBC Banner

Profil dan Fakta Menarik Briptu Tivany, Mantan Preman yang Kini Jadi Polwan Cantik Berhijab

Sabtu, 23 April 2022 – 06:01 WIB

Briptu Tivany Agustin, mantan preman yang jadi polwan

Briptu Tivany Agustin, mantan preman yang jadi polwan

JAKARTA, REQnews - Kisah polwan cantik bernama Briptu Tivany Agustin tengah viral di TikTok. Tak ada yang menyangka, jika polisi berparas cantik yang kini tampil berhijab itu dulunya adalah seorang preman.

Ya, di kampung halamannya, Pulau Mentawai, Sumatera Barat, Tivany dahulu dikenal sebagai gadis tomboi, urakan, bertato dan bertindik.

Namun lika-liku perjalanan hidup kini justru membawanya sampai di titik ini, menjadi seorang anggota polisi wanita berpangkat Briptu yang kini berdinas di Polda Sumatera Barat.

Dalam video Tiktok yang kini sudah ditonton lebih dari 10 juta kali, polwan yang akrab disapa Vany itu membagikan kisah masa lalunya. Harapannya, video tersebut bisa memotivasi para anak muda agar tak lemah dan pantang menyerah dalam menghadapi berbagai persoalan hingga hinaan orang.

Kala itu, kata Vany, sejak remaja ia kerap menjadi bahan bully-an orang-orang di kampungnya. Bahkan, para tetangganya sendiri pun sering mencibir dan memprediksi bahwa dirinya tidak akan pernah tamat sekolah dan menjadi orang sukses.

"Palingan enggak bakal tamat sekolah. Tamat pun pasti jadi cewek yang enggak benar. Hanya buat malu keluarga. Rambut dibotak sebelah mending berhenti saja sekolah jadi bisa ditepisnya," kata Vany menirukan perkataan tetangganya, dikutip Sabtu, 23 April 2022.

Saat itu, Vany hidup dalam situasi sulit. Kedua orangtuanya bercerai. Ibunya harus menghidupi ia dan tiga orang adiknya dengan berjualan nasi Padang.

Kondisi ini membuat Vany terpukul hingga akhirnya menjadi pemberontak. Ia jadi malas-malasan sekolah dan penampilannya jadi urakan. Namun ia memutuskan untuk banyak aktif di kegiatan olahraga seperti surfing dan pencak silat sebagai "media" membuang rasa stresnya.

Dari olahraga ini akhirnya ia justru memperoleh banyak prestasi hingga mengharumkan nama sekolahnya. Hingga suatu hari, sang ibu memintanya mencoba mendaftar sebagai calon polisi.

"Mama ingin aku jadi polwan. Beliau juga yang sibuk mengurus surat-surat yang diperlukan waktu mendaftar polwan," ujar Vany.

Tak disangka, rupanya Tuhan memang menakdirkan Vany menjadi abdi negara. Ia akhirnya lulus seleksi Polwan pada tahun 2015.

Kini, gadis yang dulu urakan dan dibully orang menjelma menjadi sosok yang membanggakan. Briptu Vany pun berpesan kepada anak muda di luar sana untuk bangkit dan tidak terpaku pada masa lalu agar bisa berhasil meraih cita-cita.