IFBC Banner

Ngeri! Naik Status Jadi Siaga, Anak Krakatau Bisa Timbulkan Tsunami

Selasa, 26 April 2022 – 05:02 WIB

Aktivitas Anak Krakatau yang terpantau CCTV

Aktivitas Anak Krakatau yang terpantau CCTV

JAKARTA, REQnews - Gunung Anak Krakatau telah ditingkatkan statusnya dari level II waspada menjadi level III siaga pada 24 April 2022, karena terus mengeluarkan abu vulkanik dalam beberapa hari belakangan ini.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengingatkan masyarakat waspada akan potensi bahaya yang ditimbulkan dari meningkatnya aktivitas Anak Krakatau.

"Dengan meningkatnya level aktivitas Gunung Anak Krakatau dari level II menjadi level III, maka masyarakat diminta untuk waspada terhadap potensi gelombang tinggi atau tsunami, terutama di malam hari," kata Dwikorita, seperti dikutip Senin 24 April 2022.

"Untuk antisipasi potensi terjadi tsunami akibat aktivitas Gunung Anak Krakatau, BMKG bersama PVMBG-Badan Geologi di bawah Kementerian ESDM, terus memonitor perkembangan Gunung Anak Krakatau dan muka air laut di Selat Sunda," ucapnya menambahkan.

Menurut Dwikorita, pada malam hari gelombang air laut sulit terlihat, sehingga masyarakat sudah sepatutnya lebih waspada.

Sebagai informasi, Peta Kawasan Rawan Bencana (KRB) menunjukan hampir seluruh Gunung Krakatau yang berdiameter sekitar 2 km adalah kawasan rawan bencana.

Terkait hal ini, masyarakat, pengunjung, wisatawan dan pendaki tidak diperbolehkan mendekati Gunung Anak Krakatau dalam radius 5 km dari kawah aktif.