IFBC Banner

Lagi Jadi Sorotan! Ini Profil Agustian Syach, Kasatpol PP Termuda Se-Jawa Bali

Kamis, 28 April 2022 – 21:01 WIB

Kasatpol PP Bogor Agustian Syach

Kasatpol PP Bogor Agustian Syach

JAKARTA, REQnews - Sosok Agustian Syach, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja atau Kasatpol PP Kota Bogor, jadi sorotan beberapa waktu belakangan.

Ini terjadi usai dirinya merespons laporan pedagang buah kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait aksi premanisme dan pungli di Pasar Bogor.

Agustian Syach membantah pernyataan pedagang bernama Kurnialih yang mengklaim pamannya, Ujang Sarjana ditangkap dan dipenjara karena melawan preman.

Kasus itu lantas mendapat perhatian khusus dari Presiden Jokowi hingga Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Suntana turun tangan. Akhirnya, pelapor dan terlapor, Ujang Sarjana pun sepakat berdamai.

Sejak itu, nama Agustian Syach jadi ikut ramai diperbincangkan. Lantas seperti apa profilnya?

Kasatpol PP Kota Bogor Agustian Syah merupakan pejabat eselon II termuda di Kota Bogor, bahkan di Jawa Barat (Jabar). Pria yang akrab disapa Kang Agus ini diangkat sebagai pejabat eselon II pada 2020 lalu.

Saat itu, lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tersebut baru berusia 36 tahun. Pria yang hobi olahraga lari itu tercatat sebagai Kasatpol PP termuda se-Jawa dan Bali.

Agus memulai kariernya sebagai PNS pada 2006 dan ditempatkan di Satpol PP Kota Bogor. Karir Agus langsung melejit sejak Kota Bogor dipimpin oleh Bima Arya Sugiarto. Bima melihat potensi besar pada diri Agus.

Tahun 2017, Agus menjadi Kabid Dalop Satpol PP. Setahun kemudian, Agus diangkat menjadi Camat Bogor Tengah pada 2018.

Pada 2020, Agus mengikuti open bidding, seleksi dan promosi jabatan Kasatpol PP yang dilakukan secara terbuka. Mantan atlet tarung derajat Jawa Barat ini berhasil mendapatkan nilai tertinggi dan menyingkirkan para pesaingnya.

Sejak menjadi camat hingga Kasatpol PP, Agus menorehkan banyak prestasi untuk Kota Bogor. Saat menjadi Camat Bogor Tengah, Agus meraih penghargaan dari Gubernur Jawa Barat sebagai top 5 kecamatan dengan kinerja terbaik pada 2019.

Kemudian, pada 2021, Pemkot Bogor mendapat penghargaan Karya Bakti Peduli Pol PP dari Menteri Dalam Negeri pada April 2021. Agus juga meraih penghargaan Lencana Emas dari Polri melalui Kapolresta Bogor atas peran aktif dalam pembatasan mobilitas dan vaksinasi Covid-19 pada Oktober 2021.