Profil Ridwan Djamaluddin, Eks Dirjen Minerba ESDM yang Jadi Pejabat Gubernur Bangka Belitung

Kamis, 12 Mei 2022 – 13:05 WIB

Pejabat Gubernur Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin

Pejabat Gubernur Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin

JAKARTA, REQnews - Ridwan Djamaluddin resmi dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian sebagai penjabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung (Babel) menggantikan Erzaldi Rosman yang habis masa jabatannya.

Diketahui, sebelumnya Ridwan menjabat sebagai Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Dirjen Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sejak 2020.

Selain itu, dirinya juga pernah bekerja di Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman Investasi (Kemenko Marves), sebagai Deputi bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi dan Deputi bidang Koordinasi Infrastruktur di kementerian pimpinan Luhut Binsar Pandjaitan.

Bahan diketahui bahwa Ridwan juga pernah manjabat Deputi bidang Teknologi Pengembangan Sumber Daya Alam di Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT).

Lulusan Sarjana Geologi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) itu tercatat pernah menjadi Komisaris di PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. Ia pun pernah menempuh pascasarjana di University of Twente Belanda dan menyelesaikan doktornya di Texas A&M University jurusan Geografi.

Sejumlah penghargaan pun pernah diraihnya, seperti Satyalencana Pembangunan dari Presiden RI, 101 inovasi Paling Prospektif 20229 (SIstem InaBuoy) dan PNS yang menunjukkan prestasi kerja luar biasa baiknya dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Kemudian berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan pada 2020, Ridwan diketahui memiliki harta sebanyak Rp9,5 miliar. Rinciannya yaitu tanah dan bangunan Rp 3,2 miliar, alat transportasi dan mesin Rp 565 juta, harta bergerak lainnya Rp 1,4 miliar, serta hutang Rp 570 juta.