Jadi Pejabat Gubernur Sulbar, Ini Sosok Akmal Malik Penggagas Kovi Otda Berbasis Metaverse

Kamis, 12 Mei 2022 – 17:01 WIB

Pejabat Gubernur Sulawesi Barat, Akmal Malik

Pejabat Gubernur Sulawesi Barat, Akmal Malik

JAKARTA, REQnews - Akmal Malik resmi dilantik sebagai penjabat (pj) gubernur Sulawesi Barat oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta pada Kamis 12 Mei 2022.

Pria kelahiran 16 Maret 1970 itu sebelumnya menjabat sebagai Direktur Jendral Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kemendagri sejak 2019. Ia juga pernah bergabung dengan Direktorat Jenderal Otda pada tahun 2014 di Subbag Kepegawaian pada Bagian Perundang-Undangan dan Kepegawaian.

Saat menjabat sebagai Dirjen Otda, Akmal sempat membuat program berbasis teknologi di lingkungan kerjanya. Yaitu, pada tahun Juni 2021 lalu pihaknya meluncurkan Aplikasi e-Perda.

Sekedar diketahui, aplikasi tersebut diklaim sebagai solusi dalam mengatasi berbagai masalah obesitas regulasi. Aplikasi itu diharapkan bisa terintegrasi dengan semua sistem aplikasi yang dikelola pemerintah, sehingga masyarakat bisa diberikan ruang untuk mengontrol regulasi.

Kemudian Ditjen Otda juga membuat layanan bernama Konsultasi Virtual Otonomi Daerah (Kovi Otda) berbasis metaverse, yang diklaim bisa menekan potensi korupsi di lingkungan pemerintah daerah.

Menurutnya, dengan adanya layanan tersebut, pemerintah daerah bisa berkonsultasi dengan pemerintah pusat melalui jagat maya, karena bisa diakses melalui www.kovi.otda.kemendagri.go.id.