IFBC Banner

Fakta dan Pesona Andrew Kalaweit, Si 'Tarzan Kalimantan' Viral yang Ternyata Anak Aktivis Lingkungan

Minggu, 22 Mei 2022 – 08:31 WIB

Andrew Kalaweit

Andrew Kalaweit

JAKARTA, REQnews - Sosok Youtuber ganteng Andrew Kalaweit beberapa waktu belakangan jadi sorotan publik usai menjadi bintang tamu dalam podcast Deddy Corbuzier.

Andrew awalnya viral di TikTok hingga dijuluki Tarzan dari Kalimantan Tengah lantaran kerap aktif mengedukasi masyarakat tentang pentingnya kepedulian terhadap hutan dan satwa.

Lantas, seperti apa sebenarnya profil Andrew Kalaweit yang berwajah blasteran ini? Andrew diketahui merupakan pemuda kelahiran tahun 2004 dari pasangan Chanee dan Prada Kalaweit.

Pemuda yang kini berusia 18 tahun ini merupakan anak pertama dari dua bersaudara. Ibu Andrew Kalaweit berasal dari Suku Dayak yang tinggal di hutan Kalimantan. Sementara sang ayah, Chanee Kalaweit merupakan seorang aktivis lingkungan asal Prancis. Adik Andrew diketahui bernama Enzo Kalaweit.

Keluarga Andrew tinggal di pedalaman hutan Kalimantan Tengah dan mengelola Yayasan Hutan Kalaweit. Yayasan tersebut dibentuk oleh Chanee Kalaweit sejak tahun 1998 dan fokus menjalankan program konservasi satwa liar.

Tak hanya mengikuti jejak sang ayah sebagai pecinta dan aktivis lingkungan, Andrew Kalaweit juga eksis di media sosial terutama Youtube. Tak main-main, sebagai Youtuber ia sudah memiliki pengikut yang seabrek bahkan lebih dari 1 juta subscribers.

Dalam channel Youtube-nya, Andrew aktif mengunggah konten-konten tentang aktivitasnya di hutan Kalimantan, seperti berkeliling hutan dengan kuda, mengeksplorasi hutan hujan, dan masih banyak lagi.

Salah satu kontennya yang cukup menyita perhatian adalah video berjudul "24 Hours In The Middle of a Jungle ALONE!". Dalam video yang sudah ditonton lebih dari 8,6 juta kali itu, ANdrew mengabadikan aksinya saat berada di tengah hutan selama 24 jam seorang diri.

Ada pula video lain dari Andrew yang tak kalah menyita perhatian netizen. Yakni, video berjudul "24 JAM di danau BUAYA Kalimantan. Angker??" yang diunggah sebulan lalu dan telah disaksikan lebih dari 4,2 juta kali.