IFBC Banner

Profil Fahmi Idris, dari Pebisnis Hingga Jadi Menteri Perindustrian RI

Senin, 23 Mei 2022 – 00:02 WIB

Mantan Menteri Perindustrian Kabinet Indonesia Bersatu, Fahmi Idris

Mantan Menteri Perindustrian Kabinet Indonesia Bersatu, Fahmi Idris

JAKARTA, REQnews - Mantan Menteri Perindustrian era Kabinet Indonesia Bersatu Fahmi Idris, meninggal dunia di ICU Rumah Sakit Medistra, Jakarta pada Minggu 22 Mei 2022 sekitar pukul 10.00 WIB.

Dalam karirnya, Fahmi juga diketahui pernah menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja pada Kabinet Reformasi Pembangunan. Bahkan untuk kedua kalinya, dirinya menjabat di kementerian yang sama yang berubah nomenklatur menjadi Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Dikenal sebagai seorang pebisnis, pada 2008 dirinya ternyata pernah menempuh pendidikan master untuk hukum bisnis di Universitas Padjadjaran. Tahun 2012, ia pun meraih gelar Doktor bidang Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dari Universitas Negeri Jakarta.

Bahkan satu tahun yang lalu, Fahmi kembali meraih gelar Doktor Filsafat dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Belum lama ini, politikus Partai Golkar itu meraih gelar profesor kehormatan dari Universitas Negeri Padang.

Sejak tahun 1960-an, karir bisnisnya pun dimulai. Saat itu, ia mendirikan PT Kwarta Daya Pratama dan spada 1979 didapuk sebagai direktur utama Kongsi Delapan (Kodel Group).

Yaitu merupakan perusahaan konglemerasi yang didirikan bersama Aburizal Bakrie, Soegeng Sarjadi, Abdul Latief, dan Pontjo Sutowo.

Kodel mengelola usaha agrobisnis, perdagangan, perbankan, perminyakan, dan hotel. Fahmi juga tercatat memiliki bisnis hotel bernama Regent Beverly Whilshie di California.

Sebelumnya, kabar duka tersebut disampaikan oleh anak Fahmi yaitu Fahira Idris melalui akun twitter @fahmiidris1 pada Minggu 22 Mei 2022.

"Telah berpulang ke Rahmatullah ayah saya, Bp. Prof. Dr. H. Fahmi Idris bin Idris Marah Bagindo," tulis Fahira Idris.

Melalui unggahan tersebut, Fahira juga menyertakan foto tangannya yang menggenggam tangan sang ayah di atas selimut putih.

Jenazah Fahmi nantinya akan disemayamkan di rumah duka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. "Mohon dimaafkan Ayah Fahmi Idris jika selama hidup memiliki salah dan khilaf," tulis Fahira.