IFBC Banner

Profil Brigjen TNI Andi Chandra, Intel Kawakan yang Jadi Pejabat Bupati Seram Bagian Barat

Selasa, 24 Mei 2022 – 16:32 WIB

Brigjen TNI Andi Chandra As'aduddin

Brigjen TNI Andi Chandra As'aduddin

JAKARTA, REQnews - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melalui Gubernur Maluku Murad Ismail akan melantik empat penjabat (Pj) kepala daerah kabupaten/kota di Maluku pada Selasa 24 Mei 2022. Mereka dilantik untuk menggantikan empat kepala daerah yang habis masa jabatannya pada Minggu 22 Mei 2022.

Salah satunya adalah Brigjen TNI Andi Chandra As’aduddin yang akan menjadi penjabat bupati kabupaten Seram Bagian Barat (SBB). Pria kelahiran Palembang 25 Oktober 1966 itu, saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Sulawesi Tengah.

Sebelumnya saat Chandra masih menjabat Kolonel, ia pernah menjabat Kasubdit Sulawesi Wilayah I pada Direktorat Sulawesi dan Nusa Tenggara Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN.

Lulusan Akmil 1991 ini bisa dibilang mengenal Provinsi Maluku, karena selama delapan tahun yaitu sejak 2005-2013 dirinya berkarir di lingkungan Kodam XVI Pattimura. Bahkan dirinya juga pernah menjabat staf intel, hingga kemudian dipromosikan sebagai Dandenintel Kodam XVI/Pattimura.

Karirnya pun semakin cemerlang, dirinya kemudian dipercaya sebagai Komandan Batalyon Infanteri Raider 733/Masariku. Ia juga pernah ditempatkan di Provinsi Maluku Utara dalam tugas barunya dan naik jabatan menjadi Komandan Kodim 1501/Ternate.